Category: Studi Literatur

  • Studi Pustaka Co-creation produk

    Ada dua hal pokok yang membedakan konsep product tradisional dengan co-creation menurut buku Co-Creation: New pathways to value and overview, Coates (2009). Pertama adalah tentang value creation. Dalam konsep tradisional, value suatu product dibuat oleh perusahaan sendiri untuk kemudian di-deliver kepada pelanggan dalam bentuk barang jadi yang siap dikonsumsi. Sedangkan dalam konsep co-creation, value diciptakan…

  • Studi Pustaka Value Co-creation

    Di era New wave marketing adalah era dimana produsen dapat berkreasi bersama konsumen yang pada praktek pengembangan produk co-creation yang dinamis, interaktif dan berdasarkan multisumber dimana terdapat proses terkait dengan penciptaan nilai dilakukan yang bukan lagi sekedar mengkoordinir segala sesuatu yang berhubungan dengan quality, cost and delivery tetapi harus dilakukan secara kolaborasi (Hermawan Kertajaya 2009:137).…

  • Studi Literatur Atribut Produk

    Menurut Kotler dan Amstrong (2008:272), atribut produk adalah manfaat yang dikomunikasikan dan dihantarkan produk, seperti kualitas, fitur serta gaya dan desain. Sedangkan pengertian atribut produk menurut Tjiptono (2008:103), atribut produk merupakan unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Menurut Tjiptono (2008:25), untuk menentukan dimensi kualitas produk dapat melalui delapan…

  • Studi Pustaka PARTS

    Menurut Brandenburger dan Nalebuff (1997:100) PARTS merupakan elemen-elemen yang dapat digunakan untuk mengubah permainan bisnis. Adapun elemen-elemen permainan tersebut yaitu : Player (Pemain) Pemain atau pihak-pihak yang terlibat dalam permainan bisnis yang terdiri dari pelanggan, pemasok, pesaing, dan komplementor.   Added Value (Nilai Tambah) Nilai tambah yang dimiliki oleh pemain dalam permainan nilai tambah menentukan…

  • Studi Pustaka Value Net

    Jala Nilai (Value Net) Jala Nilai (Value Net) merupakan perkembangan dari model rantai nilai (value chain model) Porter (1985). Fakta bahwa rantai nilai (value chain) sebagai model penciptaan nilai terlalu kaku dan berurutan, dan tidak dapat merespon perubahan, mendorong terciptanya jala nilai yang lebih fleksibel. Jala nilai adalah jaringan yang dinamis fleksibel di mana para…

  • Tinjauan Pustaka Game Theory 1 dan Coopetition

    Teori permainan merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk memahami dunia bisnis modern. Teori permainan pertama kali diluncurkan oleh John Von Neumann dan ahli ekonomi Oskar Morgenstern melalui bukunya yang berjudul Theory of Games and Economic Behavior pada tahun 1944 (Brandenburger dan Nalebuff, 1997:20). Menurut Carmichael (2005:3), teori permainan adalah teknik yang digunakan untuk…