Contoh Makalah Proposal Dosen Berprestasi

Lampiran 1

FORMULIR PRESTASI UNGGUL

  1. Data Diri

 

Nama Lengkap (dengan gelar) Dini Turipanam Alamanda, STp, MSM
NIP 11860819
NIDN 0407018604
Jabatan Akademik Asisten Ahli
Pangkat dan Golongan 3A
Tempat dan Tanggal Lahir Garut, 7 Januari 1986
Jenis Kelamin Perempuan
Bidang Keahlian Manajemen
Nomor HP 081222720568
Alamat email aturipanama@telkomuniversity.ac.id
Agama Islam
Asal Perguruan Tinggi Universitas Telkom
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Uraian Prestasi Unggul

ABSTRAK

Seorang Dosen mempunyai peran yang lebih luas dari mengajar maupun berbicara di depan khalayak umum. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Semakin banyak dan berkualitas karya yang pernah dihasilkan dan semakin banyak membantu perusahaan dalam mengambil keputusan maka akan berkorelasi positif terhadap citra Dosen dan kampus serta semakin baik juga untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

LATAR BELAKANG

Selain aktif mengajar di kelas regular dan internasional, penelitian dan publikasi juga menjadi agenda rutin setiap periode semeternya, dan melaksanakan pengabdian masyarakat menjadi hal yang menyenangkan karena bisa memunculkan insight yang tidak terduga. Dan yang lebih menyenangkan dari bekerja sebagai dosen adalah banyak cara dan kesempatan untuk meningkatkan nilai pribadi baik secara inteletualitas, keahlian, moril dan finansial.

Ketika mengajar di dalam kelas maka keahlian menyampaikan materi dan pesan moril membutuhkan seni kreatifitas tentang bagaimana membuat kelas menjadi hidup dan bergairah. Dalam mengabdi kepada masyarakat, Dosen harus mampu membaca hal yang dapat membantu masyarakat dari sisi apa dan bagaimana caranya.

Sedangkan tridharma terakhir yaitu penelitian adalah passion saya. Selain meneliti untuk tujuan publikasi saya juga terbiasa untuk membuat penelitian yang dirasakan manfaatnya oleh industri. Ketika diminta menjadi konsultan perusahaan tertentu, maka ada hal baru yang berbeda karena berhadapan dengan pelanggan eksternal. Keahlian dan intelektualitas seorang Dosen ditantang untuk membantu membuat pengambilan keputusan, tidak hanya berakhir di berkas publikasi. Tentunya kesantunan dan etika bisnis juga sangat penting dalam menjaga citra diri dan kampus Telkom. Jika berhasil melewati tahap ini, maka bukan hanya bisa menghasilkan non tuition fee untuk kampus namun juga untuk pribadi. Sehingga mengkombinasikan sisi penelitian, publikasi dan konsultasi adalah yang ingin saya jelaskan lebih lanjut sebagai tema karya prestasi unggulan.

METODE PENCAPAIAN UNGGULAN

Dalam melakukan penelitian, penting untuk saya untuk membuat road map penelitian di awal periode tertentu dan melaksanakannya satu per satu sesuai dengan target. Untuk mencapai target, saya terbiasa baik meneliti sendiri, meneliti bersama mahasiswa bimbingan yang outputnya adalah skripsi, meneliti bersama rekan dosen satu kelompok keahlian yang outputnya adalah roadmap kelompok keahlian, meneliti bersama rekan dosen lintas disiplin maupun meneliti bersama klien (praktisi) yang outputnya adalah aksi.

Ditengah kesibukan lainnya di kampus, maka penting mensiasati kegiatan penelitian yang sedikit banyaknya menguras tenaga dan waktu di luar kampus. Saya terbiasa membuat agenda mingguan, bulanan dan semesteran untuk jadwal berkomunikasi dengan rekan peneliti lainnya. Sedangkan untuk cara bertemu, jika pertemuan langsung tidak memungkinkan, maka menggunakan teknologi informasi adalah cara yang efektif untuk dijalankan dengan cara memaksimalkan fungsi gadget yang kita miliki untuk berkomunikasi via email, whatsapp, facebook dan media sosialnya. Dan bukan hanya itu, dengan teknologi informasi Dosen juga bisa meng-update blog (contoh: http://aturipanama.staff.telkomuniversity.ac.id/category/research-in-management/) kapan pun dan dimana pun, mengikuti forum akademisi misalnya di research gate dan academia.edu. Dengan demikian maka eksistensi Dosen sebagai peneliti bisa lebih tergali, selain bisa meningkatkan jumlah citasi nya di google.scholar, eksistensi Dosen di media sosial dan blog bisa meningkatkan webometrics kampus.

Dari segi pendanaan penelitian, ada beberapa cara yang saya gunakan. Cara yang pertama adalah saya mengajukan penelitian ke industri besar dan menawarkan jasa konsultasi bisnis sehingga penelitian 100 persen pendanaan berasal dari industri (klien). Jika tidak memungkinkan, maka cara kedua adalah sharing cost, saya menawarkan cara ini pada industri menengah ke bawah. Dan cara terakhir adalah dengan mengikuti hibah penelitian baik internal maupun eksternal.

PRESTASI YANG DIUNGGULKAN

Penelitian mengenai Kajian Value Co Creation Business Model Canvas Pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Akar Wangi Zocha Garut adalah yang terbaik dalam 3 tahun terakhir. Penelitian ini dikerjakan bersama tim dosen lintas disiplin, dan 3 mahasiswa bimbingan skripsi. Pendanaannya berasal dari hibah penelitian dana internal periode 2014.

KEMANFAATAN

Dari segi teoritis, penelitian mengenai Kajian Value Co Creation Business Model Canvas Pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Akar Wangi Zocha Garut ini menghasilkan novelty dari sisi metodologi penelitian dimana perubahan Business Model Canvas (BMC) dari frame 1 ke frame berikutnya menggunakan pendekatan Game theory yang lebih dinamis ketimbang pendekatan sebelumnya. Coopetition dipilih sebagai cabang Game theory yang bersifat soft approach (pendekatan manusia). Selain itu, konsep value co creation memperkaya cara frame berubah.

Dari segi manfaat praktis, output BMC dari penelitian ini menjadi landasan pembuatan business plan bagi KUB Zocha yang bercita-cita menjadi new value co-creator di kabupaten Garut dengan menggaet UKM-UKM potensial lainnya seperti kerajinan kulit, chocodot dan batik garutan untuk menciptakan added value bagi keseluruhan produk UKM Garut yang win-win solution. Bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan nilai finansial seluruh UKM namun akan mampu meningkatkan citra kota Garut sebagai alternatif kota wisata kreatif selain Bandung di Indonesia.

DISEMINASI

Diseminasi menjadi agenda penting dalam knowledge sharing. Saya aktif mengikuti diseminasi baik berperan sebagai pembicara maupun peserta baik di lingkungan internal kampus maupun eksternal kampus. Selama kurun waktu 3 tahun, saya sudah mengikuti kegiatan diseminasi antara lain: 10 kali mengikuti diseminasi ilmiah di international conference sebagai pembicara, kali mengikuti diseminasi ilmiah di seminar nasional sebagai pembicara, 3 kali mengikuti diseminasi ilmiah di seminar internasional sebagai peserta, dan 5 kali mengikuti diseminasi ilmiah di internal kampus. Untuk penelitian bersama Zocha ditahun 2014, telah dilakukan 2 diseminasi di international conference, dan masih menunggu konfirmasi 1 international conference dan jurnal internasional terindex scopus.

PENGAKUAN DARI PIHAK TERKAIT

Pengakuan penelitian seorang Dosen bisa berasal dari sesama peneliti, organisasi peneliti, pemerintah maupun dari klien. Bukti bahwa penelitian yang bersifat konsultasi saya diterima adalah adanya repeat order dari klien. Sebagai contoh penelitian yang didanai PT. Telkom merupakan lanjutan dari periode sebelumnya (tahun 2011), begitu pula dengan klien UKM KUB Zocha, setelah joint research pada tahun 2011, penelitian lanjutan dilakukan pada tahun 2014 dengan tujuan penelitian yang lebih luas.

Adapun paper yang berjudul “Identification of Customer Values in Telecommunication Service Industry A Case of Postpaid Cellular Customers in Indonesia” dipublikasikan di internasional conference terindex IEEE, The 3rd International Conference of Information and Communication Technology, ICOICT 27-29 Mei 2015, Bali.

 

Lampiran 2

Formulir Karya Tridarma Perguruan Tinggi (tiga tahun terakhir)

  1. Keterangan Perorangan
1.      Nama Lengkap (dengan gelar) Dini Turipanam Alamanda, STp, MSM
2.      NIP 11860819
3.      NIDN 0407018604
4.      Jabatan Akademik Asisten Ahli
5.      Pangkat dan Golongan 3A
6.      Tempat dan Tanggal Lahir Garut, 7 Januari 1986
7.      Jenis Kelamin Perempuan
8.      Bidang Keahlian Manajemen
9.      Agama Islam
10.  Asal Perguruan Tinggi Universitas Telkom
  Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
11.  Alamat Perguruan Tinggi Jl Telekomunikasi No 1 Bandung
  Telp/ Fax : 0227503509/ 0222011387
12.  Status Perkawinan Kawin
13.  Alamat Rumah Komplek Pesona Bali B12 No 3 Jl Bojongsoang B12 No. 3 Bandung
  HP: 0812227201568
  Email: aturipanama@telkomuniversity.ac.id

 

 

  1. Pendidikan dan Pembelajaran (tiga tahun terakhir)
No Kegiatan Pendidikan dan Pembelajaran Bentuk Tempat/ Instansi Tanggal Keterangan
1 2 3 4 5 6
1 Mengajar 67 SKS Ganjil 2012/2013 = Matematika Ekonomi (1 x 4 sks) dan Metode Kuantitatif Bisnis (2 x 3sks) MBTI – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Ganjil 2012/ 2013 Jumlah Mahasiswa = 114 mahasiswa
Genap 2012/2013 = Business Statistics (3 x 4 sks) MBTI – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Genap 2012/ 2013 Jumlah Mahasiswa = 115 mahasiswa
Ganjil 2013/2014 = Matematika Ekonomi (1,5x 4 sks) dan Metode Kuantitatif Bisnis (2 x 3 sks) MBTI dan MBTI Internasional – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Ganjil 2013/ 2014 Jumlah Mahasiswa = 114 mahasiswa
Genap 2013/ 2014 = Business Statistics (1 x 4 sks) MBTI – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Genap 2013/ 2014 Jumlah Mahasiswa = 40 mahasiswa
Ganjil 2014/ 2015 = Matematika Ekonomi (2 x 4 sks) dan Metode Kuantitaif Bisnis (2 x 3 sks) MBTI dan MBTI Internasional – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Ganjil 2014/ 2015 Jumlah Mahasiswa = 160 mahasiswa
Genap 2014/ 2015 = Business Statistics (3 x 4 sks) dan Research Methodology 1 (1 x 2 sks) MBTI dan MBTI Internasional – FEB – Universitas Telkom Periode Semester Genap 2014/ 2015 Jumlah Mahasiswa = 155 mahasiswa
2 Membimbing: Seminar Mahasiswa dan Magang Seminar proposal skripsi MBTI – FEB – Universitas Telkom 2013-2015 36 mahasiswa
Seminar Skripsi (Penguji) MBTI – FEB – Universitas Telkom 2013-2015 40 mahasiswa
Seminar Magang MBTI – FEB – Universitas Telkom 2013-2015 15 mahasiswa
3 Membimbing Skripsi Skripsi Mahasiswa S1 MBTI FEB – Universitas Telkom 2013-2015 25 mahasiswa
4 Mengembangkan bahan ajar (modul, penuntun praktikum, buku ajar, diktat) Mengembangkan Silabus Bahan Ajar Sesuai dengan pekerti MBTI FEB – Universitas Telkom 2014 Mata Kuliah Metode Kuantitatif Bisnis
Mengembangkan Silabus dan RPS bahan ajar sesuai dengan KKNI MBTI dan MBTI Internasional – FEB – Universitas Telkom 2015 Mata Kuliah Research Methodology 2

 

  1. Penelitian (tiga tahun terkahir)
No Judul Karya Ilmiah Posisi Penulis Keterangan
1 2 3 4
1 Penelitian yang dipublikasikan
a. Dalam bentuk buku Tidak ada Tidak ada
b. Dalam bentuk Jurnal
  Mapping of Tablet PC Based On Consumer Perception (Case Study of Bandung Electronic Center Visitors) Penulis Pertama Nasional Tidak terakreditasi, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Volume 2 Nomer 1 Oktober 2014
  E-Business Analysis of Garut University (UNIGA) Using The Business Model Canvas Penulis Kedua International, International Journal of Science and Research (IJSR) Volume 6 Issue June 2014. ISSN:2319-7064
  Analysis of “Drama Theory” in the Bankruptcy Scenario of The Biggest Indonesia Cellular Telecommunication Business Penulis Pertama International Journal of Science and Research (IJSR) Volume 3 Issue May 2014. ISSN:2319-7064
  Simulasi Kemacetan Kota Bandung Dengan Pendekatan Activity-Based Pada Pekerja Kantoran” Penulis Pertama Nasional Tidak terakreditasi ,Jurnal Manajemen Indonesia Vol 12 No 1 2012 ISSN 1411-7835
  Pengaruh Promotion Mix Terhadap Customer Satisfaction dan Dampaknya Terhadap Corporate Image Pada TelkomVision Bandung Penulis Tunggal Nasional Tidak terakreditasi , Jurnal ProMark, 2012
  Pengaruh Pelatihan   dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pendidikan Telkom” Penulis Kedua Nasional Tidak terakreditasi , Jurnal Banking dan Manajemen Review Ekuitas Vol 1, 2012
c. Dalam bentuk Seminar
Identification of Customer Values in Telecommunication Service Industry A Case of Postpaid Cellular Customers in Indonesia Penulis Kedua International ,” The 3rd International Conference of Information and Communication Technology, ICOICT 27-29 Mei 2015, Bali
“Joint Venture Business Analysis

The Co-Creator Value between Garut’s SME Using Business Model Canvas”

Penulis Kedua International, 6th International Conference on Global Business Environment (ICGBE-2015) Medan, Indonesia, April 11-12, 2015
“The Effect of the New Logo and Brand Image

Towards the Customer Loyalty of Starbuck”

Penulis Kedua International ” 2nd International Conference on Innovation on Global Trends In Academic Research (GTAR 20-21 April 2015), Bandung, Indonesia
The Analysis Of Coopetition Strategy Of Joint Venture Zocha In Garut Indonesia Using Value Net” Penulis Kedua International ” 2nd International Conference on Innovation on Global Trends In Academic Research (GTAR 20-21 April 2015), Bandung, Indonesia
Conflict Resolution Analysis of Waste-Based Power Generation (PLTSa) Construction Plan’s Conflict in Gedebage Bandung Using Graph Model For Conflict Resolution (GMCR)” Penulis Kedua International , Emerging Trends In Academic Research (ETAR NOVEMBER 25-26, 2014). ETAR (C) Global Illuminators, Bali, Indonesia
“Telkom University Students Preferences in Choosing Internet Access” Penulis Pertama Nasional, Forum Manajemen Indonesia 6, Medan 12-14 November 2014
Analisis Sikap Konsumen Berdasarkan Atribut Produk Smartphone Pengguna OS RI dan Android Dengan Pendekatan Multiatribut Fishbein” Penulis Pertama Nasional , Forum Manajemen Indonesia 5 (2013), Pontianak, Indonesia
Analisis Konjoin Metode Traditional Full Profile Untuk Mengetahui Preferensi Konsumen Wanita Terhadap Notebook Di Kota Bandung 2013”, Penulis Pertama Nasional , Forum Manajemen Indonesia 5 (2013), Pontianak, Indonesia
Analysis of Consumer Attitude Using Fishbein Multi-Attribute Approach (Case Study Popular Smartphones in Bandung Penulis Kedua International, 1st International Seminar & Conference on Learning Organization (ISCLO) 2013, Bandung, Indonesia
The Impact of Traffic Source on Page Views” Penulis Kedua International, The 7th International Conference on Information   & Communication Technology and Systems, Bali 2013
Coopetition Bisnis Keluarga Kursus Bahasa Inggris ICB” Penulis Tunggal International, Forum Manajemen Indonesia 4, Yogyakarta, 2012
An Exploratory Study: The Reasons Why People Use Laundry By The Kg Service and Why They Choose CYARA Laundry?”, Penulis Tunggal International , International Conference in Organizational Innovation (ICOI), 2012
2 Membuat rancangan dan karya yang dipatenkan Tidak ada Tidak ada
3 Membuat Rancangan dan Karya Teknologi/ Karya Seni Monumental/ Seni Pertunjukan/ Karya Sastra Tidak ada Tidak ada

 

Keterangan lain

Uraian Penelitian Lainnya:

Selain penelitian yang dipublikasikan, saya juga melakukan penelitian kemitraan baik yang menghasilkan non tuition fee atau tidak terhadap Yayasan Pendidikan Telkom, diantaranya:

  • Feasibility Study of Telkom University: How to Achieve 5T in 5 Years (Klite-Zora and Telcom Career Center). Deskripsi: Ditugaskan oleh ketua YPT periode 2011-2015 (Bp. Johni Girsang) untuk membuat kajian kelayakan bisnis pada 2 unit bisnisnya
  • Joint Research bersama PT. TELKOM divisi DTF, ”Bisnis Plan 1 Juta Akses Poin WIFI di seluruh Indonesia” (2012). Deskripsi: Aktivitas penelitian yang menghasilkan non tuition fee. Membantu PT Telkom dalam mengkaji business plannya dengan pendekatan business model canvas dan dinamika sistem
  • Joint Research bersama PT. TELKOM Infratel, Customer Satisfaction Index (2012). Deskripsi: Aktivitas penelitian yang menghasilkan non tuition fee. Membantu divisi Infratel dalam mengukur tingkat kepuasan konsumen internalnya. Survey ini dilakukan rutin setiap tahun pada akhir triwulan 3.
  • Joint Research bersama PT. TELKOM, Business Plan Telkom Untuk Myanmar (2012-2013). Deskripsi: Aktivitas penelitian yang menghasilkan non tuition fee. Membantu PT. Telkom untuk memenangkan Bidding provider di Myanmar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah competitive intelligence dan business plan.
  • Joint Research bersama PT. TELKOM Divisi Wholesale dan International, Partnership (2013). Deskripsi: Aktivitas penelitian yang menghasilkan non tuition fee. Membantu PT Telkom dalam membuat kebijakan terkait kerjasamanya baik nasional maupun internasional.
  • Joint Research bersama KUB Zocha (2011, 2014). Deskripsi mengenai strategi pembentukan new value co-creation yang akan meningkatkan economical value dan image value UKM Kabupaten Garut.

Jenis penelitian lain yang dilakukan adalah berbasis hibah:

  1. Hibah penelitian dana internal (PDI) periode 2014 dengan judul Analisis Value Co-Creation Kelompok Usaha Bersama Zocha Garut Menggunakan Business Model Canvas
  2. Hibah penelitian dana internal (PDI) periode 2015 dengan judul Faktor-Faktor dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Komunikasi Tradisional vs Online
  3. Hibah Metode Ajar periode 2014 untuk mata kuliah matematika ekonomi dengan cara memberikan perlakuan tournament games dan role play pada kelas ajar

 

  1. Pengabdian pada Masyarakat (tiga tahun terkahir)
No

(1)

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

(2)

Tahun (3) Khalayak Sasaran/ Kerjasama (4) Lama Kegiatan (5)
1 Judul Materi Pelatihan
Pelatihan Tepat Guna Bagi UKM 2012 UKM di sekitar kampus Telkom University Bojong Soang Bandung 2 hari
Manajemen Berbasis ICT Bagi UKM di Jawa Barat 2013 UKM di Bandung dan sekitarnya 2 hari
Pelatihan ERP Untuk Wirausaha UKM Kota Cimahi 2014 UKM kota Cimahi 1 hari
Pelatihan E-Business pada UKM di Kabupaten Ciamis* 2015 UKM di Kabupaten Ciamis 1 semester
2 Judul Materi Pelayanan/ Konsultasi
Beasiswa Untuk Anak Yatim 2013 Anak Yatim 1 hari
Master Class Worshop UNESCO 2014 Peserta dari berbagai negara di Asia Pasific 2 hari
Social Coupon Untuk perbaikan toilet SD Bojong soang 2015 SD Bojong soang 3 bulan
3 Judul Kegiatan Pengembangan Hasil Penelitian/ Pendidikan (Action Research) Belum ada Belum ada Belum ada

 

Keterangan: *) kegiatan pengabdian masyarakat ini dirancang dengan harapan UKM dapat melakukan marketing on line dan menulis dalam Bahasa Inggris untuk UKM agar dapat meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan UKM. Diharapkan pelaku UKM dapat meningkatkan penjualannnya dengan mengggunakan marketing on line baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris. Selain Kabupaten Ciamis, pelatihan sejenis disebar ke berbagai daerah di Jawa Barat sehingga output utamanya selain memetakan potensi unggulan Jawa Barat, kampus juga bisa membantu UKM dan pemerintah dalam meningkatkan economic dan image value nya.

 

  1. Kegiatan Penunjang (tiga tahun terakhir)
No (1) Jenis Kegiatan

(2)

Tahun

(3)

Posisi Dalam Kegiatan (Pembimbing/ Pokja) (4) Keterangan (Surat Keputusan)

(5)

1 Menjadi anggota dalam Badan Perguruan; Lembaga Pemerintah; Organisasi Profesi; antar Lembaga; Delegasi Nasional di Pertemuan Internasional
Forum Manajemen Indonesia 2012-2015 Anggota Kartu Anggota
Masyarakat Telekomunikasi (MASTEL) 2015 Pokja List Anggota
Jaringan antar peneliti Jawa Barat (Jarlit Jabar) 2012 Pokja Sertifikat
2 Berperan aktif dalam pertemuan ilmiah
Kompetisi Debat Marketing Java Business Competition 2012 Juri Sertifikat
The 3rd International Seminar & Exhibition “Snapshot of Content Business in Today’s ICT Industry” 2012 peserta Sertifkat
Telkomsel Leadership Character Building Batch 2 2013 Floor Manager Sertifikat
Telkomsel Leadership Character Building Batch 3 2013 Floor Manager Sertifikat
The 4th International Seminar & Exhibition “Snapshot of Content Business in Today’s ICT Industry” 2013 Peserta Sertifikat
Java Business Competition 2013 Juri Sertifikat
Workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus 2013 Peserta Surat Tugas
Workshop of Community Service Program 2013 Peserta Sertifikat
Master Class Worshop UNESCO 2014 Ketua Pelaksana Nota Dinas
The 5th International Seminar & Exhibition “Snapshot of Content Business in Today’s ICT Industry” 2014 Peserta Sertifikat
Seminar Nasional “Entrepreneurial Management” 2014 Pemakalah Sertifikat
National Worshop Qualitative Research 2014 Peserta Sertifikat
Diseminasi Akademis 2 Topik Drama Theory dan Data Flow & Store 2014 Peserta Sertifikat
Diseminasi Akademis 1 Topik Decision Making Using AHP 2014 Peserta Sertifikat
Diseminasi bedah buku Coopetition karya Nalebuff dan Brandenburger 2014 Pembicara Sertifikat
Diseminasi Ilmiah :Digital Money : A pathway o an experience economy” 2015 Peserta Sertifikat
Diseminasi Ilmiah :”How Great Multidisciplinary Research” 2015 Peserta Sertifikat
Workshop Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi Bagi Dosen Telkom University 2015 Pesera Sertifikat
Workshop SAP Silabus Berbasis KKNI 2015 Pesera Sertifikat
3 Mempunyai prestasi di bidang olahraga/ humaniora Tidak ada Tidak ada Tidak ada
4 Prestasi lainnya
Dosen Terfavorit Fakultas 2013 Sertifikat
Dosen NKI terbaik Fakultas 2015 Sertifikat

 

 

 

Demikian Keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya

 

Bandung, 15 Mei 2015

 

 

 

(Dini Turipanam Alamanda)

 

Download juga 1.-Pedoman-Dosen-Berprestasi-2015 Proposal Dosen Berprestasi

 

Leave a Reply