ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK SMARTPHONE DENGAN OPERATING SYSTEM BLACKBERRY, ANDROID DAN IOS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIATRIBUT FISHBEIN PADA PENGUNJUNG BANDUNG ELECTRONIC CENTER (BEC) TAHUN 2013


Skripsi: Adi Nugraha. Telkom University. 2013

ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi yang pesat disertai dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif membuat industry information communicaton and technology (ICT) terus bergerak semakin dinamis dan diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang signifikan, khususnya pada industry smartphone. Namun pertumbuhan sektor ICT ini secara langsung memberikan dampak yang kurang baik terhadap siklus hidup produk gadget saat ini. Teknologi yang terus update membuat siklus hidup produk (product life cycle) gadget semakin pendek. Untuk dapat menangkap peluang dari potensi dan prospektifnya industri ICT, khususnya smartphone di Indonesia, para pemasar harus dapat menghadapi tantangan yang ada.Tantangan tersebut adalah semakin pendeknya siklus hidup produk (product life cycle) gadget. Mengetahui dan memahami sikap konsumen menjadi hal yang harus dilakukan pemasar untuk dapat menghadapi tantangan tersebut. Hal inilah yang menjadi latarbelakang peneliti untuk melakukan penelitian mengenai analisis sikap konsumen berdasarkan atribut produk smartphone dengan operating system BlackBerry, Android dan iOS menggunakan pendekatan mulitiatribut Fishbein pada pengunjung Bandung Electronic Center (BEC) tahun 2013.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan kuesioner terhadap 405 responden sebagai objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis multiatribut Fishbein. Variabel atribut produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk, fitur produk, harga, merek, garansi, promosi penjualan, layanan pelengkap dan desain produk. Sedangkan variable norma subjektif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pakar, keluarga, teman, media dan penjual.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (i) evaluasi kepentingan responden pengguna smartphone dengan operating system BlackBerry, Android dan iOS berdasarkan atribut produk yang diteliti menunjukan tingkat kepentingan yang cukup baik dengan rata-rata nilai > 1. Hasil penelitian menunjukkan atribut yang dianggap paling penting oleh pengguna smartphone dengan operating system Blackberry adalah atribut kualitas produk dari sisi smartphone mendukung aktivitas (performance) dengan nilai 2.07, pengguna smartphone dengan operating system Android adalah atribut fitur produk dari sisi smartphone menyediakan banyak aplikasi (application) dengan nilai 2.19 dan pengguna smartphone dengan operating system iOS adalah kualitas produk dari sisi smartphone canggih (reliability) dengan nilai 2.64. (ii) Sikap yang baik ditunjukan responden pengguna smartphone dengan operating system BlackBerry, Android dan iOS. Namun responden lebih menyukai produk smartphone dengan operating system iOS dibandingkan dengan Blackberry dan Android. Hal ini ditunjukan dengan total nilai sikap multiatribut Fishbein smartphone dengan operating system iOS sebesar 77.23, sedangkan total nilai sikap multiatribut Fishbein smartphone dengan operating system BlackBerry dan android relative lebih kecil sebesar 46,03 dan 49,90. (iii) Norma subjektif yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen pengguna smartphone dengan operating system BlackBerry, Android dan iOS adalah media dengan masing-masing nilai 2.64, 1.35, dan 3.17.

 

Keywords: Sikap Konsumen, Smartphone, Operating System, Multiatribut Fishbein, Norma Subjektif

Lengkapnya Bab 2 bisa dilihat di link Bab 2

 


Leave a Reply