Alur Call For Paper Dalam International Conference [Peserta]


Saat ini, sudah banyak penyelenggara International Conference yang menggunakan jalur website untuk proses submit paper seperti menggunakan edas (ICoICT) atau EasyChair (IICIES). Meski sudah web-based, namun tak jarang conference mengkonfirmasi event ke peserta melalui email. Apakah submit dan komunikasi via email sudah tidak sesuai kemajuan jaman? Hmm, saat ini nyatanya, masih banyak kok conference bergengsi memilih menggunakan email atau melakukan perpaduan email dan web-based. Contohnya adalah SIBR dan SCBTII. Pengiriman artikel melalui EDAS maupun EasyChair sering terkendala teknis, sehingga dengan alasan kemudahan dan pendekatan yang lebih humanis, SCBTII memilih menggunakan media email sebagai media komunikasi. Untuk itu, perlu kalian tahu, bahwa komunikasi dua arah sangatlah penting, sebagai peserta tentunya ingin mendapatkan tanggapan yang cepat ketika mereka bertanya seputar conference, pastikan siapapun adminnya, haruslah orang yang rajin dan ter-update dalam info seputar call for paper. Alur komunikasi Tim Call for Paper dengan peserta conference biasanya seperti ini:

Jika Full Paper

Peserta mengirimkan artikel full paper <status submission>- Tim CfP akan memberikan notifikasi “terima kasih atas kiriman papernya” dan informasi mengenai “kapan hasil review selesai” – (2 minggu)  – Tim memberikan informasi mengenai hasil review (diterima/ ditolak) dan jika diterima, tim akan meminta peserta untuk merevisi sesuai arahan reviewer serta kapan batas maksimal waktu revisi <status revise> – (2 minggu) – Peserta memberikan hasil revisi yang dinamakan dengan Camera-Ready (CR) <status CR> – Tim akan memberikan notifikasi penerimaan “Final Referring Report” – Tim mengingatkan peserta untuk melakukan pembayaran dan mengisi registration form – Peserta mengirimkan bukti bayar dan registration form – Tim memberikan notifikasi penerimaan berkas sekaligus meminta pengumpulan slide presentasi – Peserta mengirimkan slide presentasi – Tim memberikan notifikasi penerimaan slide. Selesai.

Jika Abstract terlebih dahulu

Peserta mengirimkan abstract <status abstract> – Tim akan memberikan informasi penerimaan abstract dan meminta peserta menunggu notifikasi selanjutnya – Tim memberikan informasi status abstract (diterima/ ditolak)  dan meminta peserta yang diterima abstractnya untuk mengirimkan full paper- Peserta mengirimkan artikel full paper <status submission>- Tim CfP akan memberikan notifikasi “terima kasih atas kiriman papernya” dan informasi mengenai “kapan hasil review selesai” – (2 minggu)  – Tim memberikan informasi mengenai hasil review (diterima/ ditolak) dan jika diterima, tim akan meminta peserta untuk merevisi sesuai arahan reviewer serta kapan batas maksimal waktu revisi <status revise> – (2 minggu) – Peserta memberikan hasil revisi yang dinamakan dengan Camera-Ready (CR) <status CR> – Tim akan memberikan notifikasi penerimaan “Final Referring Report” – Tim mengingatkan peserta untuk melakukan pembayaran dan mengisi registration form – Peserta mengirimkan bukti bayar dan registration form – Tim memberikan notifikasi penerimaan berkas sekaligus meminta pengumpulan slide presentasi – Peserta mengirimkan slide presentasi – Tim memberikan notifikasi penerimaan slide. Selesai.

,

Leave a Reply