• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Slide # 1

    Slide # 1

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 2

    Slide # 2

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 3

    Slide # 3

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 4

    Slide # 4

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 5

    Slide # 5

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

     
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Category Studi Literatur

    Ragam Penting Situs Online

    Menurut Warden (2002:37) di dalam penelitian yang sama hal nya dilakukan oleh penulis dalam membahas preferensi mengenai desain situs belanja onlinetelah menghasilkan 6 atribut dan 12 sub atribut atau level yang dijadikan referensi oleh penulis. Ragam penting yang dipertimbangkan dalam situs jual beli online antara lain:

    1. Kenyamanan dalam Meminimalkan Perjalanan

    Meminimalkan perjalanan dapat ditempuh dengan cara pembelian secara online yang dikirim kepada konsumen dibandingkan harus melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang dilakukan pembelian secara tradisional dengan mendatangi toko. Variabel ini diwakili dalam percobaan pada tahap penjual ataupun kasir dengan menginformasikan pembeli bahwa produk akan dikirim langsung (meminimalkan perjalanan)...

    Read More

    Kenyamanan Belanja Online

    Hongxiu et.al.(2007:3) menjelaskan “Dalam lingkungan virtual, website merupakan akses yang paling penting untuk masuk ke dalam online organizations. Website yang tidak efisien akan memberikan kesan pertama yang negatif untuk customers. Selain itu, website merupakan starting point bagi customers untuk merasa nyaman dalam membuka website”.

    Hoffman dan Bateson (2006:350) menyebutnya dengan design and presentation. Bagaimana tata letak, desain dan warna, serta originalitas situs.

    Tampilan dari suatu web site dalam situs yang bergerak di bidang online trading merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen. Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan faktor-faktor website sangat perlu dilakukan termasuk pelaku-pelaku yang mungkin memberikan hasil dalam interaksi secara virtual...

    Read More

    EPIC Model

    Durianto (2003:86) mengatakan bahwa EPIC Model adalah model untuk mengukur efektifitas iklan. EPIC Model terdiri atas empat dimensi kritis yaitu: empati, persuasi, dampak, dan komunikasi (empathy, persuasion, impact, dan communication). Teori EPIC Model biasa digunakan oleh Nielsen.

    Dari keempat dimensi kritis yang di ukur dalam EPIC Model ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

    1. Dimensi Empathy

    Dimensi empati menginformasikan, apakah konsumen menyukai suatu iklan dan menggambarkan bagaimana konsumen melihat hubungan antara suatu iklan dengan pribadi mereka. Dimensi empati ini memberikan informasi yang berharga tentang daya tarik suatu merek. Empati melibatkan afeksi (affect) dan kognisi (cognition) konsumen. Menurut J.Paul dan Jerry C...

    Read More

    Crowd Combo

    Di era new wave marketing, konsep marketing mix akan berubah menjadi crowd combo karena perubahan teknologi dan berkembangnya internet. Crowd combo terdiri dari (Kertajaya, 2009:202) :

    Di era new wave marketing, konsep marketing mix akan berubah menjadi crowd combo karena perubahan teknologi dan berkembangnya internet. Crowd combo terdiri dari (Kertajaya, 2009:202) :

    Co-Creation

    Co-Creation bermakna cenderung lebih dinamis, bersifat interaktif, dan berasal dari multisumber berbeda dengan produk yang cenderung statis, bersifat satu arah, dan berasal dari satu sumber.

    Currency

    Currency bermakna lebih fleksibel dibanding harga yang maknanya cenderung tetap. Jadi, produk atau co-creation yang telah dibuat nantinya tidak punya suatu nilai harga yang tetap...

    Read More

    Corporate Social Responsibility

    “Perusahaan merupakan subsistem dari sistem siklus hidup bermasyarakat, sehingga membutuhkan keteraturan pola interaksi dengan subsistem lainnya” (Hadi, 2011: 32). Dalam Undang-undang tentang Perseroan Terbatas nomor 40 tahun 2007 dalam Ketentuan Umum Bab I Pasal 1 ayat (1) dikemukakan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Tanggung sosial perusahaan dalam Undang-undang tentang Perseroan Terbatas nomor 40 tahun 2007 Bab V mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pasal 74 :

    • Ayat (1) dinyatakan bahwa Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di b...
    Read More

    Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

    Menurut Levy and Weitz didalam bukunya yang berjudul “Retailling Management” (2009 : 99), proses pembelian adalah langkah yang dilakukan oleh konsumen ketika melakukan pembelian produk atau jasa, dimulai dari menyadari sebuah kebutuhan yang diinginkan, proses pencarian informasi bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut, kemudian mengevaluasi informasi yang didapat, hingga melakukan pembelian dan pada akhirnya konsumen tersebut memiliki pilihan apakah dia akan mengulangi kegiatan pembelian atau tidak.

    Langkah dalam memilih sebuah ritel yang dilakukan oleh konsumen dalam membeli produk sangat saling berhubungan erat. pihak ritel berusaha mempengaruhi konsumen untuk selalu membeli di tempat mereka. Tahap tersebut tergambar dalam gambar .

    Untitled

    Dimulai dari munculnya rasa sadar akan sebuah kebut...

    Read More

    Seputar Minimarket di Indonesia

    Minimarket adalah sebuah jenis usaha yang menggabungkan antara konsep swalayan dalam skala kecil dengan target pasar yang sama dengan target pasar pada pasar tradisional.       Pengambilan objek studi dalam penelitian ini adalah minimarket yang merupakan mayoritas di kota Bandung, seperti Alfamart, Indomaret, Yomart dan Cricle K dan minimarket yang menawarkan sebuah konsep baru dalam penjualan minimarket, seperti Lawson dan Yogya Express

     Alfamart

    Didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart/ Perseroan), mengawali usahanya di bidang perdagangan dan distribusi, kemudian pada 1999 mulai memasuki sektor minimarket...

    Read More

    Mempertahankan Pelanggan

    Menurut Timm, (2006:60), untuk mendapatkan pelanggan tetap, tidak ada cara lain yang lebih ampuh daripada memberikan kepada pelanggan lebih dari yang mereka harapkan.

    Jika perusahaan tidak mempertahankan keseimbangan, maka pelanggan akan merespons dengan satu atau beberapa kombinasi sikap berikut: Timm, (2006:63)

    1. Mengabaikan atau merasionalisasi ketidakseimbangan. Pelanggan menyimpulkan bahwa pelayanannya memang buruk, tetapi dimana-mana semua pelayanan memang buruk. Jadi tidak ada gunanya melawan.
    2. Meminta ganti rugi. Orang yang tersinggung akan meminta perlakuan yang lebih adil, atau pelanggan meminta uangnya kembali.
    3. Melakukan pembalasan. Orang yang tersinggung akan mengungkapkan kejelekan organisasi atau orang yang dianggap sebagai penyebab ketidakadilan...
    Read More

    Hambatan Perpindahan (SWITCHING BARRIERS)

    Ketika mempertimbangkan sebuah layanan operator, pelanggan mungkin akan menghadapi sejumlah hambatan (switching barriers) yang membuatnya sulit untuk meninggalkan salah satu provider internet dan memulai suatu hubungan dengan provider lain. Literatur menunjukan bahwa hambatan (switching barriers) ini mempengaruhi keputusan konsumen untuk pindah hubungan dengan provider baru tetapi, di sisi lain, membantu provider sekarang untuk memfasilitasi retensi pelanggan Zeithaml, (2009: 192).

    Switching Barrier mengacu pada kesulitan berpindah ke provider lain yang dihadapi oleh pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan yang ada, atau beban keuangan, sosial, dan psikologi dirasakan oleh pelanggan saat berpindah ke provider baru.

    Dalam banyak kasus, pelanggan mengembangkan kesetiaan pada suatu perusah...

    Read More

    Pencabutan/ Pemberhentian (Churn)

    PCustomer churn merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa pelanggan telah menghentikan layanan pada provider tertentu, ada pula yang mengatakan bahwa tidak hanya berhenti, melainkan berpindah ke provider pesaing…Salah satu contoh yang sering dilakukan penelitian customer Churn adalah pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi dan Bank. Wildans (www.unkick.wordpress.com 27/05/12)

    Pelanggan yang berhenti dan beralih (defection) secara jelas adalah pelanggan yang menutup akun berlangganan mereka dan mengalihkannya pada penyedia jasa lain. Zahra(Reichheld & Cook, 2008:32).

    Tiga kelompok gejala pada calon pelanggan yang berhenti (Customer Defection) yaitu Zahra (Zeithaml,2008:32)

    1. Customer yang menutup account berlangganan mereka dan mengalihkan kepada kompetitor.
    2. Customer yang me...
    Read More