• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Slide # 1

    Slide # 1

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 2

    Slide # 2

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 3

    Slide # 3

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 4

    Slide # 4

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 5

    Slide # 5

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

     
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Rangkuman Studi Social Network Analysis

    Literatur I 

     

    Penulis

    : Penerapan SNA dalam Diseminasi Informasi Produk Smartfren (Studi Kasus Forum Komunitas Pengguna Smartfren pada Situs Kaskus): Fikri Wicaksono
    Pembahasan : Pola diseminasi informasi pada network Thread Komunitas Smartfren membagi Network menjadi dua, yaitu Network utama yang saling terhubung antar keseluruhan node dan Network kecil yang berada banyak disekitar Network utama. Network kecil terbentuk dari dua atau lebih node dan tidak terhubung dengan network utama. Selain itu masih terdapat node yang berdiri sendiri dan tidak melakukan interaksi sebesar 19,11%. Dalam analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan metode SNA, member yang termasuk paling berpengaruh adalah berdasar nilai Degree of centrality. Member tersebut yaitu fahrisyal. Member fahrisyal merupakan aktor kunci dalam network Thread komunitas Pengguna Smartfren di Kaskus. Perusahaan Smartfren bisa memanfaatkan member fahrisyal sebagai duta produk Smartfren atau perwakilan dari perusahaan Smartfren yang bertugas memberikan informasi terhadap segala pertanyaan dan permasalahan member lain dalam network tersebut. Dari contoh 10 orang tertinggi dalam Degree of Centrality, perbedaan ID 22 dengan label Fahrisyal dengan lain nya tidak terlalu signifikan, sehingga ketika Perusahaan Smartfren membutuhkan orang lain sebagai aktor dalam Social Network tersebut, bisa mempertimbangkan beberapa member yang lain. Selain dari Degree of Centrality, perusahaan juga perlu mempertimbangkan nilai-nilai lain dalam Centrality, misal fungsi nilai Betweeness of Centrality menggambarkan kemampuan sebuah node menjadi jembatan informasi bagi node-node lain, Closeness of Centrality menunjukan seberapa dekat node tertentu dalam mencapai node terjauh dalam social network tersebut dan Eigenvector Centrality menunjukan tingkat kepentingan sebuah node terhadap node lain. Hasil keseluruhan Centrality menjadi pertimbangan perusahaan ketika akan memilih aktor lain atau aktor tambahan yang ditugaskan dalam Social Network tersebut.
    Literatur II 

    Penulis

    : Penerapan SNA dalam Penentuan Centrality Studi Kasus Social Network Twitter: Budi Susanto, Herlina, & Antonius R.C.
    Pembahasan : Twitter menyediakan semacam hubungan di antara pengguna yang spesifik. Ketika seseorang mengikuti orang lain, itu tidak berarti dia tahu dengan baik tentang mereka. Peneliti mengembangkan sebuah sistem untuk mendapatkan relasi dari pengguna tertentu. Peneliti menggunakan Twitter API untuk mendapatkan list following dan followers dan kemudian membangun grafik yang mewakili jaringan sosial di antara pengguna. Dari grafik ini, Peneliti menganalisis Metode sentralitas menggunakan SNA (SNA), yaitu kedekatan dan betweeness. Peneliti mengusulkan untuk menggunakan metode sintesis dalam rangka untuk mengetahui siapa yang paling berpengaruh di jaringan sosial untuk menyebar tweet atau informasi. Dengan sistem ini, pengguna tidak dapat mengetahui tentang jaringan sosial mereka berdasarkan pada daftar teman mereka di Twitter. 
    Literatur XPenulis : SNA : A Case Study on the Twitter Network: Cassion Melo, Yves Lechevallier, dan Marie-Aude Aufare
    Pembahasan : Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan metode SNA dengan pendekatan Centrality untuk mengetahui grup yang terlibat dalam beberapa trending topics / event di Twitter. Penlitian dilakukan berdasarkan Geographical Analysis dan orang paling berpengaruh dalam penyebaran informasi di Twitter. Pengambilan data diambil setiap 30 menit selama 2 minggu dimulai 1 Juni 2009. Hasil penelitian ini diantaranya terdapat 4 event besar bertopik di Perancis, yaitu (1) Air france, (2) Élections Européennes, (3) Grippe Porcine (swine flu), dan (4) Roland Garros (tennis event). Dalam penelitian ini juga ditemukan 10 orang/user yang paling berpengaruh, diantaranya ada 5 akun penyedia berita.
    Literatur IIIPenulis : SNA of University Online Forum: Huiqing Niu
    Pembahasan : Penelitian ini menggunakan metode SNA dan software UCINET, mendiskusikan jaringan hubungan yang ada dalam forum mahasiswa online North Univeristy of China. Niu menggunakan beberapa indeks (Indegree, Outdegree, Centralization dan Density) berdasarkan motivasi partisipasi dari member komunitas. Hasil dari penelitian ini adalah forum online tersebut mempunyai jaringan hubungan yang simetris dan sebagai virtual study community yang sukses, karena sebagian besar member selalu berpartisipasi (berkomunikasi), mempunyai beberapa aktor sentral, dan member mengenal satu sama lain dilihat dari homogenity-nya.
    Literatur IVPenulis : Content-Based SNA of Mailing Lists: Angela Bohn, Ingo Feinerer, Kurt Hornik and Patrick Mair
    Pembahasan : Penelitian ini menganalisis bagaimana konten yang berbasis SNA dapat digunakan untuk menemukan adanya ketertarikan orang-orang dalam jaringan mailing-list. Dengan membandingkan graf komunikasi dan jaringan, bisa menunjukan siapa saja yang memiliki ketertarikan yang sama, hubungan antara korelasi keduanya dan centrality dari node dapat ditemukan. Maka, hubungan yang diharapkan antara sharing interest dan komunikasi yang ada hanya untuk para author yang sangat aktif, sedangkan yang kurang aktif tidak menjawab semua orang yang mempunyai ketertarikan yang sama. Jadi, efisiensi komunikasi bisa dilihat dengan tingginya author mailing-list yang sangat aktif daripada author dengan keaktifan medium.
    Literatur VPenulis : Sosial Network Analysis Application in Bulletin Board System: Lianhong Ding & Peng Shi
    Pembahasan : Penelitian ini menggunakan metode SNA dengan pendekatan Centrality dalam Bulletin Board System (BBS). Penelitian ini bertujuan untuk mencari user/aktor yang paling penting yang nantinya akan dijadikan sebagai seorang moderator dalam BBS, karena moderator yang bagus dapat meningkatkan loyalitas user dan menarik user baru. Dari 275 node/user, dalam penelitian ditemukan satu moderator yaitu username “itgirl” dengan nilai Degree Centrality tertinggi (22), Closeness ke-5 (0.988) dan Betweenesss ke-2 (7.378).

    Leave a Reply