Ragam Penting Situs Online


Menurut Warden (2002:37) di dalam penelitian yang sama hal nya dilakukan oleh penulis dalam membahas preferensi mengenai desain situs belanja onlinetelah menghasilkan 6 atribut dan 12 sub atribut atau level yang dijadikan referensi oleh penulis. Ragam penting yang dipertimbangkan dalam situs jual beli online antara lain:

  1. Kenyamanan dalam Meminimalkan Perjalanan

Meminimalkan perjalanan dapat ditempuh dengan cara pembelian secara online yang dikirim kepada konsumen dibandingkan harus melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang dilakukan pembelian secara tradisional dengan mendatangi toko. Variabel ini diwakili dalam percobaan pada tahap penjual ataupun kasir dengan menginformasikan pembeli bahwa produk akan dikirim langsung (meminimalkan perjalanan). Untuk itu kenyamanan dalam meminimalkan waktu dan jarak tempuh menjadi atribut yang sangat penting.

  1. Kenyamanan Pada Tampilan atau Web Desain

Tampilan dapat mempengaruhi pengunjung dan pengguna situs karena akan berdampak pada kenyamanan pengguna. Penyedia situs saling berlomba untuk mempercantik tampilan dan memudahkan pengguna agar dapat diakses dengan nyaman.

  1. Akses Informasi

Hal ini layaknya yang berfungsi sebagai mesin pencari harus dapat menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari pengguna situs belanja online. Akses informasi adalah tinggi ketika deskripsi produk yang detail dan diperluas seperti gambar. Sedangkan akses informasi rendah biasanya yang tidak memiliki gambar dan sedikit informasi mengenai produk yang dicari pengguna situs belanja online.

  1. Tingkat Pencarian Harga

Tingkat Pencarian harga sangat penting bagi para konsumen sebagai pembanding antara produk satu dengan yang lainnya baik yang sejenis maupun yang berbeda jenis karena tentu saja banyak pembeli yang ingin membeli dengan harga rendah dan mendapatkan kualitas yang baik.

  1. Perlindungan dari Penipuan

Keamanan dalam hal perlindungan dari penipuan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menerapkan e-service, reputasi kualitas dan keamanan berkaitan dengan masalah kepercayaan konsumen. Konsumen biasanya mengutamakan keamanan demi kepuasan konsumen itu sendiri. Hal ini terlihat dengan adanya jendela pop-up untuk dilakukan pembeli sebelum beralih ke sistem pembayaran sehingga keamanan lebih terjamin.

  1. Perlindungan Informasi Pribadi

Perlindungan informasi pribadi yang tinggi sangat diperlukan demi keamanan dan kenyamanan pribadi konsumen. Perlindungan yang tinggi dilaksanakan pada tahap akhir pembelian, ketika pengecekan kartu kredit, serta data mengenai alamat pengiriman, dan lain-lain ketika diminta. Perusahaan harus dapat melindungi privasi pembeli dengan tidak menyalahgunakan data pribadi konsumen. Hal ini biasanya ditandai dengan menyertakan teks dalam tahap tahap akhir pembelian

,

Leave a Reply