Perjalanan Jakarta – Amsterdam Dengan KLM Royal Dutch Air Lines

Hai aku mau cerita pengalaman perjalanan Jakarta – Amsterdam pakai KLM.

• Berangkat dari Terminal 2E Soekarno-Hatta jam 06.45. Saya mau ngasih tips sebaiknya udah masuk 2 jam sebelumnya buat urus boarding pass, dan jangan lupa juga koper kita minta di wrap aja (bayar 50 rebu), selain biar gak lecet gampang juga ngenalinnya soalnya wrap nya warna kuning, dan jadi minoritas pas di bagasi (bule lebih banyak pakai koper canvas dan g di wrap).
  • Karena perjalanannya bakal lamaaa banget, mending makan dulu deh di dalam kira2 setengah 6 (anggap makan malam) makan yang kenyang. Kenapa? karena buat saya yang gak biasa makan makanan bule, makanan di pesawat gak berasa sama sekali, hambar parah. Jadilah saya makan sop buntut di restoran Indonesia (IDR 200 rebu, Sop buntut plus mojito) enak dan worth it.
  • Beda sama naik pesawat Air Asia, Garuda dll, pakai KLM gak ada tuh pramugari yang mraktekin pakai seatbelt, langsung aja dibilang petunjuk ada di IFE (monitor di depan kita). Saran saya kalo kita sering ke Toilet pilih tempat duduk dekat aisle aja, karena bule suka agak bete kalo orang sering lewat2 mau ke toilet
  • Saya lebih senang kalo di pesawat gak ngobrol, jadi saya sebisa mungkin gak beramah-tamah sama bule. Kasian orang sebelah saya, yang diajak ngobrol bule sampai gak bs tidur. Jadi yang saya lakukan adalah langsung mainin IFE, pasang headset (headset hp sony atau samsung support kok) dan muter film. Seneng banget liat daftar filmnya bagus2, karena belum nonton CAROL (Cate Blanchett bintangnya) saya nonton itu, agak nyesel karena film lesbian ternyata, kalo akting mah udah lah juara itu orang.
  • Sejam kemudian, pramugari yang super ramah2 tapi tua2 datang nganterin makanan, menunya mie kurang segala macem, roti, butter no salt, cake, air mineral. Kita juga bisa minta minuman lain kayak orange jus (asem gak enak), kopi atau teh. Yang saya makan cuma roti nya, bule kiri kanan kayaknya pengen minta makanan saya deh, langsung ludes aja dan keliatannya ngerasa kurang banyak :D. Dan bersyukur dah makan si sop buntut.
  • Gak lama kemudian kira-kira 21.45 WIBkita berenti di KLIA buat transit 1 jam (thanks GOD cuma 1 jam) karena geje banget mau ngapain di bandara, kecuali emang agak lama banget sampai 12 jam nah bisa tuh keluar dan maen2 dulu. Abis muter2 kesana kemari yang dimana2 gambar poster upin-ipin, saya masuk gate lagi.
  • Waktu menunjukkan pukul 22 WIB dan 23 Waktu Malaysia, tak lama kemudian makanan kedua datang. Menunya diminta pilih (egg or pancake), saya pilih egg alias omelet, ada roti lagi, salad buah. Dan yang saya makan roti nya aja, yang lain saya diemin juga.
  • Saya mulai tidur dan kebangun jam 4 WIB (jam tangan), udah merasa mual, pusing, kembung, kentut terus sepanjang jalan, tapi gak bau untungnya, akhinya saya minum antangin, tetep kentut sih, tapi agak angetan. Di pesawat suhunya dingin banget, dan untungnya saya sempat beli jaket bulu angsa plus kupluk. Diliatin semua orang karena pakai kupluk, biarin lah daripada migrain.
  • Saya masih bingung kapan jam sholat subuh, lahaula aja, akhirnya saya sholat subuh aja, sambil berdoa “Ya Allah terimalah sholat subuhku ini”. Kalau bisa aktifin hape mah, bisa lebih pas jadwalnya, tinggal liat IFE posisi dimana dan diliat di aplikasi Pro Muslim di negara itu subuh jam berapa. Sayangnya kan gak bisa yah (karena gak beli voucher WIFI KLM)
  • Pagi2, kembali pramugari2 cantik berkeliaran ngasih air seger seger spring water dari Turki glek-gelk segarnya. Kalo bule2 dikasih bir kayanya, yang kerudungan jelas gak ditawarin.
  • Karena menunjukan jam 5, saya pikir akan sampai jam 6.30 WIB (kaleee), ternyata masih lama yah 6.30 Waktu amsterdam…hihihi. Sekitar jam 6 pagi WIB, kita dikasih handuk hangat, OMG saya mau lagi karena sesaat setelah apply itu handuk, cesss, semangat 120 persen lagi, sayangnya 10 detik kemudian hangatnya udah ilang. Kira2 pas sampai jam 09 pagi WIB, landing dan beredar di bandara SCHIPHOL sendirian agak deg2an, yang saya lakukan cuma ngikutin arus orang kemana, jauh juga rupanya buat ambil bagasi. Dan pas lewat imigrasi di cek paspor , ditanya mau kemana minta buktinya juga dll, untungnya dan print surat undangan.
  • Pas ambil bagasi lumayan cepat karena koper saya eyecatching pakai wrap kuning. Buka kupluk karena terlalu strange pakai kupluk pas summer. Terus terang agak gak nyaman diliatin semua orang, apa ge er aja gw yah. Gak lama kemudian dapat wa dari fenny (wifi free di bandara), dan minta ketemu di meeting point (red white cube), bukan cuma students dari Indonesia, udah ngumpul juga dari China, dan seperti biasa, mereka nunggu kita (malu sih)

Total pakai KLM pp IDR 16.334.200 plus asuransi jadi IDR 17.334.200 Pakai Dago Holiday Travel. Oke segitu dulu cerita pengalaman saya pakai KLM sampai keluar bandara, ikutin cerita saya selanjutnya.