Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel


Menurut Levy and Weitz didalam bukunya yang berjudul “Retailling Management” (2009 : 99), proses pembelian adalah langkah yang dilakukan oleh konsumen ketika melakukan pembelian produk atau jasa, dimulai dari menyadari sebuah kebutuhan yang diinginkan, proses pencarian informasi bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut, kemudian mengevaluasi informasi yang didapat, hingga melakukan pembelian dan pada akhirnya konsumen tersebut memiliki pilihan apakah dia akan mengulangi kegiatan pembelian atau tidak.

Langkah dalam memilih sebuah ritel yang dilakukan oleh konsumen dalam membeli produk sangat saling berhubungan erat. pihak ritel berusaha mempengaruhi konsumen untuk selalu membeli di tempat mereka. Tahap tersebut tergambar dalam gambar .

Untitled

 

Dimulai dari munculnya rasa sadar akan sebuah kebutuhan, konsumen memulai mencari informasi bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut, dengan mengikuti bagan-bagan dari customer decision process, konsumen mengevaluasi informasi-informasi yang didapatnya, setelah itu mereka memilih toko yang berdasarkan hasil evaluasinya dan seterusnya melakukan pembelian setelah itu konsumen akan menentukan apakah akan mengulangi pembelanjaanya atau tidak.

Di dalam beberapa situasi seorang konsumen akan mempertimbangkan waktu dan usaha untuk memilih sebuah ritel. Menurut Levy dan Weitz didalam bukunya yang berjudul, “Retailling Management” (2009 : 111) terdapat tiga tipe pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen yaitu :

 

  1. Extended problem solving

Adalah suatu tipe pengambilan keputusan dimana konsumen mau untuk memberikan banyak waktu dan usaha dalam menganalisis keinginan mereka. konsumen biasanya terlibat dalam pemecahan masalah yang terjadi ketika keputusan pembelian melibatkan banyak resiko dan ketidakpastiaan

  1. Limited problem solving

Adalah tipe pengambilan keputusan pembelian yang memiliki resiko yang kecil . pelanggan terlibat dalam jenis ini proses pembelian ketika mereka telah memiliki beberapa pengalaman sebelumnya dengan produk atau jasa sehingga resiko yang akan mereka terima adalah kecil. Didalam tipe ini konsumen lebih menggunakan pengetahuan mereka sendiri disbanding pengetahuan dari luar. Konsumen biasanya memilih toko ritel yang telah mereka kunjungi sebelumnya.

  1. Habitual decision making

Adalah tipe pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen , memiliki resiko yang sangat kecil, karena didalam tipe ini konsumen telah secara terus menerus menggunakan layanan usaha ritel ini, didalam tipe ini konsumen sudah bersifat loyal terhadap sebuah produk.

,

Leave a Reply