Manajemen Strategi (Week 2)


Topik : Visi Misi

Bahan penjelasan:

WEEK 2 Visi Misi

Rangkuman dari Fred R David:

MISI PERUSAHAAN

Tujuan:

  1. Menjelaskan misi suatu perusahaan dan menjelaskan nilainya
  2. Menjelaskan mengapa pernyataan misi perlu mencakup produk atau jasa utama perusahaan, pasar primernya, serta teknologi unggulannya
  3. Menjelaskan tujuan yang paling penting bagi perusahaan: kelangsungan hidup,profitabilitas atau pertumbuhan
  4. Memberikan contoh mengenai tren terbaru dalam komponen-komponen pernyataan misi: penekanan pada konsumen, kualitas, dan visi perusahaan

 

  1. Misi Perusahaan

Misi perusahaan adalah pernyataan luas dan kekal mengenai niat suatu perusahaan. Misi mencakup filosopi dari para pengambil keputusan strategis perusahaan,menyatakan citra yang ingin diproyeksikan oleh perusahaan,mencerminkan konsep diri perusahaan dan mengindikasikan bidang produk atau jasa utama perusahaan, serta kebutuhan utama konsumen yang berusaha untuk dipenuhi oleh perusahaan.

  1. Pentingnya Misi yang Eksplisit

Pernyataan misi meupakan pesan yang dirancang untuk mencakup harapan dari seluruh pemangku kepentingan atas kinerja perusahaan dalam jangka panjang.Para eksekutif serta dewan komisaris yang membuat pernyataan misi berusaha menyediakan maksud yang menyatukan perusahaan.

Secara umum, pernyataan misi membahas pernyataan-pernyataan berikut:

  • Mengapa perusahaan berada dalam bisnis ini?
  • Apa saja yang menjadi sasaran ekonomis perusahaan?
  • Apakah filosopi operasi perusahaan dalam hal kualitas,citra,serta konsep diri perusahaan?
  • Apakah kompetensi inti dan keunggulan kompetitif perusahaan?
  • Apakah yang dilakukan oleh pelanggan perusahaan dan apakah perusahaan dapat melayani mereka?
  • Bagaimana perusahaan memandang tanggung jawabnya terhadap pemegang saham, karyawan,masyarakat,lingkungan, masalah sosial, dan pesaing?
  1. Merumuskan Misi

Proses mendefinisikan misi perusahaan untuk bisnis tertentu mungkin paling baik dapat dipahami dengan memikirkan mengenai bisnis tersebut sejak didirikan. Bisnis pada umumnya dimulai dengan keyakinan,keinginan, dan aspirasi seorang pengusaha. Misi seorang pemilik sekaligus manajer tersebut biasanya didasarkan pada keyakinan dasar berikut:

  1. Produk atau jasa perusahaan yang memberikan manfaat paling tidak sesuai dengan harganya
  2. Produk atau jasa perusahaan dapat memuaskan kebutuhan konsumen dari segmen pasar tertentu yang saat ini belum terpuaskan secara memadai
  3. Teknologi yang digunakan dalam produksi akan menghasilkan produk atau jasa yang kompetitif dari segi biaya meupun kualitas
  4. Dengan kerja keras dan dukungan pihak lain,perusahaan tersebut tidak hanya dapat bertahan melainkan juga akan tumbuh dan menghasilkan laba
  5. Filosopi manajemen perusahaan akan menghasilkan citra publik yang menguntungkan serta menyediakan manfaat keuangan dan psikologis bagi mereka yang bersedia mengnvestasikan tenaga dan uangnya untuk membantu perusahaan mereka keberhasilan
  6. Konsep diri pengusaha mengenai bisnis tersebut dapat dikomunikasikan kepada dan diadopsi oleh para karyawan dan pemegang saham

Ketika bisnis tersebut bertumbuh atau dipaksa oleh tekanan persaingan untuk mengubah produk,pasar, atau teknologinya, pendefinsian ulang misi perusahaan mungkin menjadi perlu. Jika dilakukan,pernyataan misi yang telah direvisi akan mengandung komponen-komponen yang sama dengan pernyataan misi awal.

Mengidentifikasikan Komponen-komponen Pernyataan Misi: Kompilasi kutipan dari pernyataan Misi Perusahaan Aktual

Pelanggan

Kami percaya tanggung jawab kami adalah terhadap dokter, perawat,pasien,ibu, dan semua yang menggunakan produk dan jasa kami (Johnson &Johnson)

Produk atau jasa

Produk utama AMAX adalah molybdenum, batu bara, bijih besi, tembaga, timbal, seng,minyak dan gas bumi,potasium, fospat,nikel, tungsten, perak, emas,dan magnesium (perusahaan AMAX Engineering)

Pasar

Fokus utama kami adalah Amerika Utara, walaupun peluang global akan dijajaki (Blockway)

Teknologi

Kami akan selalu berusaha memenuhi keinginan perokok dewasa dengan mengembangkan teknologi yang dapat secara potensial dapat mengurangi risiko kesehatan yang diakibatkan oleh merokok (RJ Reynolds)

Perhatian akan keberlangsungan,Pertumbuhan dan Profitabilitas

Dalam hal ini perusahaan akan menjalankan operasinya secara hati-hati dan akan sangat mengupayakan keuntungan dan pertumbuhan yang memungkinkan kesuksesan Hoover (Hoover Universal)

Filosopi

Kepemimpinan kelas dunia kita ditujukan pada filosopi manajemen yang mengutamakan manusia di atas keuntungan (Kellogg)

Konsep diri

Crown Zellerbach memilikikomitmen untuk melewati persaingan yang berlangsung dalam 1000 hari dengan meluncurkan kemampuan yang konstruktif dan kreatif serta memeberikan semangat kepada seluruh karyawannya (Crown Zellerbach)

Perhatian akan citra publik

Untuk menanggung kewajiban dunia akan perlindungan atas lingkungan (Dow Chemical)

Perhatian akan karyawan

Merekrut, mengembangkan,memotivasi, menghargai dan mempertahankan pekerja dengan kemampuan, karakter, dan dedikasi yang baik dengan memberikan kondisi kerja yang baik, kepemimpinan yang cakap, kompensasi yang berdasarakan pada performanya program tunjangan yang menarik, peluang untuk tumbuh, dan tingkat rasa aman yang tinggi (The Wachovia Corporation)

Contoh: Misi Ben and Jerry’s

Membuat, mendistribusikan, dan menjual eskrim alami dengan kualitas terbaik dan produk-produk yang berhubungan dengan variasi luas dari rasa yang inovatif yang dibuat dari produk susu Vermont. Untuk mengoperasikan perusahaan dengan basis finansial yang baik untuk pertumbuhan laba, meningkatkan nilai pemegang saham kami, serta menciptakan peluang karier dan penghargaan finansial bagi karyawan kami. Untuk mengoperasikan perusahaan yang secara aktif mengakui peran penting yang dimainkan perusahaan dalam struktur masyarakat dengan melakukan cara inovatif untuk memperbaiki kualitas hidup dari komunitas yang luas-lokal, nasional, dan internasional

Komponen Misi yang terdapat dalam Misi Ben and Jerry’s adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan    : –
  1. Produk/ jasa : eskrim alami, produk-produk yang berhubungan dengan variasi luas dari rasa yang inovatif yang dibuat dari produk susu Vermont
  1. Pasar           : komunitas yang luas-lokal, nasional, dan internasional
  2. Teknologi     : –
  3. Perhatian kepada kelangsungan organisasi, pertumbuhan, profitabilitas: basis finansial yang baik untuk pertumbuhan laba, meningkatkan nilai pemegang saham kami
  4. Filosopi        :-
  5. Konsep diri : perusahaan yang secara aktif mengakui peran penting yang dimainkan perusahaan
  6. Perhatian atas citra diri : peran penting yang dimainkan perusahaan dalam struktur masyarakat dengan melakukan cara inovatif untuk memperbaiki kualitas hidup dari komunitas
  7. Perhatian kepada karyawan : menciptakan peluang karier dan penghargaan finansial bagi karyawan kami
  1. Pernyataan Visi

Apabila pernyataan misi menyatakan jawaban atas pernyataan “Bisnis apa yang kita jalankan?” ,pernyataan visi perusahaan seringkali dirancang untuk menyatakanaspirasi dari kepemimpinan eksekutif.Pernyataan visi menyajikan maksud strategis perusahaan yang memfokuskan energi dan sumber daya perusahaan pada pencapaian masa depan yang diinginkan.Namun,pada praktiknya, pernyataan misi dan visi sering kali digabungkan menjadi satu. Jika dipisah, pernyataan visi sering kali berupa satu kalimat tunggal yang di desain agar mudah diingat,misalnya:

Federal Express:       ”Visi kami adalah mengubah cara kami saling berhubungan dalam jaringan ekonomi baru:”

Lemark    :”Pelanggan Seumur Hidup”

Visi sering kali dinyatakan sebagai cara unik menggabungkan pengaruh kompetisi dengan cara yang mengarahkan suatu perusahaan untuk menganut strategi yang revolusioner.

 

Tugas: Jelaskan visi misi perusahaan yang diteliti sesuai dengan Grupnya.

Aktivitas:

  • Menjelaskan perbedaan visi dan misi
  • Memberikan contoh pemahaman visi misi
  • Memberikan latihan menganalisis Misi Perusahaan (group 2 menang)
  • Discussion Group
  • Presentasi

One response to “Manajemen Strategi (Week 2)”

  1. Setelah mengikuti dan memahami perkuliahan manstra mengenai visi misi, visi dan misi sebuah perusahaan tidak seutuhnya dalam 7 komponen misi. maka dari itu apakah ideal perusahaan tidak memenuhi dari 7 komponen tersebut dalam misinya bu? terimakasih bu 🙂

Leave a Reply