Kenyamanan Belanja Online


Hongxiu et.al.(2007:3) menjelaskan “Dalam lingkungan virtual, website merupakan akses yang paling penting untuk masuk ke dalam online organizations. Website yang tidak efisien akan memberikan kesan pertama yang negatif untuk customers. Selain itu, website merupakan starting point bagi customers untuk merasa nyaman dalam membuka website”.

Hoffman dan Bateson (2006:350) menyebutnya dengan design and presentation. Bagaimana tata letak, desain dan warna, serta originalitas situs.

Tampilan dari suatu web site dalam situs yang bergerak di bidang online trading merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen. Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan faktor-faktor website sangat perlu dilakukan termasuk pelaku-pelaku yang mungkin memberikan hasil dalam interaksi secara virtual. Klasifikasi ini dapat membantu para pemasar untuk mengenali dan lebih memahami potensi dari alat-alat online shopping yang akan digunakan.

Tampilan website tidak hanya penting untuk memasarkan suatu produk dan jasa saja tetapi juga untuk memberikan informasi – informasi lainnya yang menarik bagi konsumen, seperti (berita-berita terkini, ramalan cuaca, berita olahraga, dan lain sebagainya). Website harus berperan sebagai perantara online dan secara umum untuk seluruh cara yang dilakukan untuk bersaing merebut perhatian para masyarakat dalam lingkup Internet. Tampilan website sebagai parameter yang dapat digunakan untuk mempengaruhi konsumen adalah penting sekali bagi perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai media untuk melakukan penjualan produk. Untuk perusahaan tradisional yang ingin melakukan pengembangan bisnisnya dengan menghadirkan teknologi internet, kualitas dari faktor-faktor website (Website Experience) merupakan suatu persoalan yang membutuhkan perhatian khusus.

Tampilan website yang buruk serta fungsi-fungsi website yang tidak baik dapat mengancam website tidak hanya secara virtual, namun dapat mengancam aktivitas – aktivitas website. Bagi para pengguna website yang pernah mengalami penolakan dalam mengorder produk atau jasa secara online tampaknya akan mengubah pendapatnya mengenai produk tersebut secara negatif dalam kaitannya dengan pengalamannya dalam bertransaksi secara online.

Maksud utama dari memberi tampilan pada website adalah memberikan gambaran dari kualitas website itu sendiri. Website yang bagus tidak hanya memberikan informasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen, tapi juga membantu konsumen dengan langkah-langkah yang mudah dalam proses mendapatkan produk yang diinginkan. Sebuah website harus dapat memberikan pelayanan kepada konsumen dan dapat dijadikan sebagai faktor persuasif daripada hanya dibentuk sebagai brosur online atau sebuah katalog mengenai suatu produk yang ingin ditawarkan.

Dalam e-commerce, konsumen jarang sekali bertemu dengan salesman untuk bertransaksi, untuk itu kepercayaan harus ditempatkan secara langsung dalam website. Dalam penjualan secara tradisional, konsumen dapat langsung menilai perusahaan dari petunjuk-petunjuk fisik yang ada seperti besar kecilnya perusahaan, kebersihan, seragam sales, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, penilaian dapat dilihat dari salesman itu sendiri, pengetahuannya tentang produk, kemampuannya dan bahkan karakter personalnya seperti kejujuran, familiar atau tidaknya dengan konsumen, pengalamannya dalam menjual produk.

Di sini terlihat tampilan web desain sangat mempengaruhi pengguna dan juga kemudahan dalam menggunakan website itu sendiri.

,

Leave a Reply