• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Slide # 1

    Slide # 1

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 2

    Slide # 2

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 3

    Slide # 3

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 4

    Slide # 4

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 5

    Slide # 5

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

     
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Analisis Drama Theory Pada Film The Great Gatsby

    Nama   : Helga Meizhura

    NPM   : 1201130214

    Sinopsis Film

    1

    Nick Carraway (Tobey Maguire), lulusan Universitas Yale dan veteran Perang Dunia I, adalah penderita depresi dan alkoholik yang sedang mengunjungi psikiaternya. Ia membicarakan seseorang bernama Gatsby, yang menurutnya pria paling penuh harapan yang pernah ia temui. Saat ia berusaha menumpahkan seisi pikirannya, dokter memintanya untuk dituliskan saja karena menulis memberikan kedamaian bagi Nick.

    Pada musim panas 1922, Nick pindah dari wilayah Tengah Barat ke New York. Di sana, ia bekerja sebagai penjual obligasi. Ia menyewa rumah kecil di Long Island di desa (fiksi) West Egg, bertetangga dengan puri raksasa milik Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio), seorang miliarder misterius yang sering mengadakan pesta mewah. Nick pergi ke East Egg di seberang teluk untuk makan malam di rumah sepupunya, Daisy Buchanan (Carey Mulligan), dan suaminya, Tom (Joel Edgerton), kolega Nick. Mereka memperkenalkan Nick pada Jordan Baker (Elizabeth Debicki), pemain golf muda yang menarik dan sinis yang hendak dijodohkan dengan Nick oleh Daisy. Jordan berkata kepada Nick bahwa Tom memiliki kekasih yang tinggal di “lembah abu”, sebuah daerah pembuangan industri antara West Egg dan New York City. Tidak lama kemudian, Nick pergi ke lembah abu bersama Tom. Mereka berhenti di sebuah garasi milik George Wilson (Jason Clarke) dan istrinya, Myrtle (Isla Fisher), kekasih simpanan Tom yang disebutkan Jordan sebelumnya. Nick ikut bersama Tom dan Myrtle ke sebuah apartemen persembunyian mereka.

    Seiring musim panas berlalu, Nick menerima undangan ke pestanya Gatsby. Setelah tiba, ia mengetahui bahwa meski jumlahnya ratusan, tak satupun tamu yang pernah bertemu Gatsby secara langsung, dan mereka sudah mengarang cerita seputar asal usulnya. Nick bertemu Jordan, lalu bertemu Gatsby yang rupanya masih muda. Melalui Jordan, Nick mengetahui bahwa Gatsby mengenal Daisy pada pertemuan romantis tahun 1917. Sejak itu Gatsby selalu tergila-gila pada Daisy. Setiap malam ia menatap cahaya hijau di ujung dermaga rumah Daisy, tepat di seberang teluk dari rumahnya, dengan harapan suatu hari mereka akan bersatu kembali. Kehidupan dan pesta Gatsby yang mewah adalah usaha untuk menarik perhatian Daisy agar ia datang ke rumahnya. Gatsby sekarang ingin Nick mengadakan reuni antara dirinya dan Daisy. Nick mengundang Daisy minum teh di rumahnya tanpa memberitahu bahwa Gatsby juga ada di sana. Setelah canggung sebentar, Gatsby dan Daisy pun menjadi akrab dan mereka memulai perselingkuhan. Sesaat kemudian, Daisy dan Tom menghadiri pesta Gatsby. Di sana, Tom mulai curiga akan hubungan istrinya dengan Gatsby. Selama makan siang di rumah keluarga Buchanan, Gatsby menatap Daisy dengan begitu terpesona sampai-sampai Tom menyadari Gatsby jatuh cinta kepadanya. Meski Tom sendiri terlibat perselingkuhan, ia sangat marah melihat kebohongan istrinya. Ia memaksa semuanya pergi ke New York City dan menyerang Gatsby di Plaza Hotel. Tom menjelaskan bahwa ia dan Daisy mempunyai sejarah yang takkan pernah dimengerti Gatsby dan mengumumkan kepada istrinya bahwa Gatsby adalah penjahat yang kekayaannya berasal dari penjualan alkohol dan aktivitas ilegal lain. Kesabaran Gatsby hilang dan menjadi murka, kemudian malu sendiri. Pasca insiden tersebut, Daisy menyadari bahwa ia lebih setia pada Tom, yang menyuruhnya pulang ke East Egg bersama Gatsby untuk membuktikan bahwa Gatsby tidak bisa melukai Tom.

    Ketika Nick, Jordan, dan Tom melintasi lembah abu, mereka mengetahui bahwa mobil Gatsby menabrak dan menewaskan Myrtle, kekasih Tom. Mereka langsung pulang ke Long Island, tempat Nick mengetahui dari Gatsby bahwa Daisy-lah yang mengemudikan mobil karena ingin menenangkan diri. Akan tetapi, Gatsby ingin dirinya disalahkan. Walau terjadi insiden di Plaza, Gatsby yakin Daisy akan menghubunginya esok hari. Malamnya, ia mengungkapkan kepada Nick bahwa ia terlahir miskin dan nama aslinya ialah James Gatz. Paginya, Nick pergi kerja, sedangkan Gatsby berenang sebelum kolamnya dikeringkan untuk menghadapi musim gugur. Ia meminta agar teleponnya dibawa ke pinggir kolam supaya bisa menjawab panggilan telepon Daisy. Sementara itu, Tom memberitahu suami Myrtle, George, bahwa Gatsby adalah pengemudi mobil yang menabrak istrinya. George langsung menyimpulkan Gatsby adalah kekasih Myrtle. Di puri, Gatsby mendengar telepon berdering dan yakin itu Daisy. Setelah naik ke atas kolam sambil menatap rumah Daisy di seberang teluk, ia ditembak mati oleh George yang kemudian bunuh diri. Ternyata yang menelepon adalah Nick dan ia mendengar dua tembakan.

    Saat Nick menghubungi keluarga Buchanan untuk mengundang Daisy pada pemakaman Gatsby, ia mengetahui Daisy, Tom, dan putrinya pindah dari New York. Hanya pers yang menghadiri pemakaman, namun diusir Nick. Media menuduh Gatsby adalah pembunuh dan kekasih Myrtle, sehingga Nick menjadi satu-satunya orang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sementara itu di kantor psikiater, Nick menyelesaikan tulisannya yang diberi judul “The Great Gatsby.”

    • Scene Setting

    1

    Pada penelitian ini, scene setting yang ditetapkan sebagai frame untuk dianalisis yaitu pada saat Tom mulai curiga akan hubungan istrinya dengan Gatsby. Ia mulai curiga bahwa Daisy masih menyimpan rasa cinta terhadap Gatsby, untuk itu Tom mengajak Nick, Daisy, Gatsby, dan Jordan pergi ke New York City untuk menyerang Gatsby di Plaza Hotel. Tom menjelaskan bahwa ia dan Daisy mempunyai sejarah yang takkan pernah dimengerti Gatsby dan mengumumkan kepada istrinya bahwa Gatsby adalah penjahat yang kekayaannya berasal dari penjualan alkohol dan aktivitas ilegal lain. Gatsby sangat murka akan tindakan Tom tersebut. Mendengar hal tersebut, Daisy semakin ragu akan Gatsby dan menyadari bahwa ia lebih setia pada Tom, yang menyuruhnya pulang ke East Egg bersama Gatsby untuk membuktikan bahwa Gatsby tidak bisa melukai Tom.

    Ketika Nick, Jordan, dan Tom melintasi lembah abu, mereka mengetahui bahwa mobil Gatsby menabrak dan menewaskan Myrtle, kekasih Tom. Mereka langsung pulang ke Long Island, tempat Nick mengetahui dari Gatsby bahwa Daisy-lah yang mengemudikan mobil karena ingin menenangkan diri. Akan tetapi, Gatsby ingin dirinya disalahkan. Walau terjadi insiden di Plaza, Gatsby yakin Daisy akan menghubunginya esok hari. Sementara itu, Tom memberitahu suami Myrtle, George, bahwa Gatsby adalah pengemudi mobil yang menabrak istrinya.

    • Build Up
    1. Daisy Buchanan

    1

    Daisy Buchanan adalah sepupu Nick Carraway, dan merupakan seseorang yang dicintai oleh Gatsby. Selama Perang Dunia ke 1, dirinya yang juga jatuh cinta kepada Gatsby berjanji bahwa akan selalu menunggu Gatsby. Namun, Daisy mengingkari janjinya lalu menikah dengan Tom Buchanan dan mereka memiliki satu orang anak. Daisy memiliki opsi:

    • Mengakui bahwa dirinya telah menabrak Myrtle

    Setelah keributan yang terjadi antara Daisy, Gatsby, dan Tom di sebuah hotel di New York, Daisy memutuskan untuk kembali ke rumah dengan mengemudikan mobil milik Gatsby. Daisy yang ditemani oleh Gatsby mengemudikan mobil dengan kecepatan cukup tinggi, sehingga dirinya tidak melihat bahwa Myrtle sedang berlari ke arah mereka dan tanpa sengaja Daisy menabrak Myrtle hingga tewas.

    • Kembali pada Gatsby

    Setelah sekian lama, Gatsby bertemu kembali dengan Daisy untuk pertama kalinya di rumah Nick. Gatsby berusaha merebut kembali Daisy dari suaminya, Tom. Ia melakukan berbagai cara agar Daisy berpaling dari Tom yang ternyata telah melakukan perselingkuhan dengan Myrtle. Namun, Daisy masih menyimpan keraguan apakah dirinya akan kembali kepada Gatsby dan meninggalkan Tom atau tidak.

    1. Jay Gatsby

    1

    Tokoh utama dalam film ini adalah Jay Gatsby. Jay Gatsby adalah pria kaya raya dan seorang yang penuh misteri. Ia berusia sekitar 30 tahun, di mana orang-orang menduga bahwa kekayaannya berasal dari menjual alkohol dan saham. Ia terobsesi ingin kembali pada gadis pujaannya, Daisy, yang telah menikah dengan pria lain. Dengan kekayaannya, ia membeli rumah mewah tak jauh dari kediaman Daisy. Gatsby memiliki opsi:

    • Melarikan diri

    Untuk menyelamatkan Daisy, Gatsby berniat mengakui bahwa dirinyalah yang menabrak Myrtle karena Gatsby tidak ingin hal yang buruk terjadi pada Daisy jika orang lain mengetahui bahwa Daisy yang telah menabrak Myrtle. Namun, Gatsby bisa saja melarikan diri dan membiarkan orang lain mengetahui bahwa insiden kecelakaan disebabkan oleh Daisy yang mengemudikan mobilnya.

    1. Tom Buchanan

    1

    Tom adalah sahabat Nick ketika berkuliah di Yale University. Tom juga adalah seorang pemain (nasional) olahraga football di New Heaven. Kekayaan Tom luar biasa, Tom digambarkan sebagai orang yang “rusak” karena uang dan kekuasaan. Ia menjadi kasar dan tidak percaya pada istrinya, dan juga terkenal rasis. Tom tumbuh besar di keluarga yang cukup mapan, ia mengira apapun bisa didapat dengan uang. Tom memiliki opsi:

    • Memfitnah Gatsby telah membunuh Myrtle

    Ketika mengetahui bahwa Myrtle meninggal karena kecelakaan, Tom menghubungi suami Myrtle, George Wilson, bahwa yang membunuh istrinya adalah Gatsby. Tetapi sebenarnya yang menabrak Myrtle ialah Daisy yang saat itu sedang mengemudikan mobil bersama Gatsby.

    Dari daftar pihak yang berkepentingan dalam konflik dalam film “The Great Gatsby” beserta opsi yang dapat mereka pilih untuk dilakukan, maka opsi dari masing-masing player dapat dimodelkan seperti pada Gambar  berikut.

    1

    1. Position

    Penjelasan posisi masing-masing player pada Gambar 3.1:

    1. Posisi Daisy Buchanan:
    • Daisy Buchanan tidak harus mengakui bahwa ia telah menabrak Myrtle; dan tidak harus kembali pada Gatsby.
    • Jay Gatsby seharusnya tidak melarikan diri.
    • Tom Buchanan tidak seharusnya memfitnah Gatsby.
    1. Posisi Jay Gatsby:
    • Daisy Buchanan seharusnya tidak mengakui bahwa dirinya telah menabrak Myrtle; dan seharusnya kembali pada Gatsby.
    • Jay Gatsby tidak melarikan diri, namun diragukan oleh Daisy dan Tom.
    • Tom Buchanan seharusnya tidak memfitnah Gatsby.
    1. Posisi Tom Buchanan
    • Daisy Buchanan seharusnya tidak mengakui bahwa dirinya telah menabrak Myrtle; dan seharusnya tidak kembali pada Gatsby.
    • Jay Gatsby seharusnya tidak melarikan diri.
    • Tom Buchanan akan memfitnah Gatsby.
    1. Doubts

    Jika setiap pihak setuju terhadap Jay Gatsby:

    • Daisy Buchanan percaya bahwa Jay Gatsby akan melarikan diri.
    • Tom Buchanan percaya bahwa Jay Gatsby akan melarikan diri.
    1. Preferences
    2. Daisy Buchanan:
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Gatsby dibandingkan ancaman di masa depan.
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Tom dibandingkan ancaman di masa depan.
    1. Jay Gatsby:
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Daisy dibandingkan ancaman di masa depan.
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Tom dibandingkan ancaman di masa depan.
    1. Tom Buchanan:
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Daisy dibandingkan ancaman di masa depan.
    • Lebih menyukai, atau tidak memiliki preferensi, terhadap Gatsby dibandingkan ancaman di masa depan.

     

    • Climax

    Berdasarkan hasil pengolahan opsi dari masing-masing player yang telah diinputkan ke dalam software Confrontation Manager, maka didapatkan beberapa dilemma yang dihadapi oleh tiap player sebagaimana dijabarkan pada Tabel 2.1 berikut.

     

     

    Tabel 3.1

    Interaksi Dilema Antar Player

    Dilema dari pihak Terhadap
    Daisy Buchanan Jay Gatsby Tom Buchanan
    Daisy Buchanan   RD RD
    Jay Gatsby RD, CD   RD, CD
    Tom Buchanan RD RD  
    TOTAL 8 Dilema

    Keterangan: RD: Rejection Dilemma, CD: Cooperation Dilemma

     

    Dari Tabel 3.1, dapat dilihat bahwa terdapat 8 dilema yaitu sebagai berikut:

    • Dilema Daisy Buchanan

    Pada frame di atas, Daisy Buchanan menghadapi Rejection Dilemma.

    1. Rejection Dilemma terhadap Jay Gatsby

    Daisy menghadapi rejection dilemma terhadap Gatsby, yaitu penolakan Daisy terhadap posisi Gatsby yang dianggap tidak kredibel. Hal ini dikarenakan Gatsby yakin bahwa Daisy lebih menyukai posisi Gatsby dibandingkan ancaman, di mana Gatsby tidak melarikan diri.

    1. Rejection Dilemma terhadap Tom

    Daisy mengalami rejection dilemma terhadap Tom, di mana penolakan Daisy terhadap posisi Tom dinilai tidak kredibel. Hal ini tidak lain dikarenakan Tom yakin bahwa Daisy lebih menyukai posisinya dibandingkan ancaman yang akan dilakukan.

    • Dilema Jay Gatsby

    Pada frame di atas, Jay Gatsby menghadapi Rejection Dilemma dan Cooperation Dilemma.

    1. Rejection Dilemma terhadap Daisy

    Gatsby menghadapi rejection dilemma terhadap Daisy, yaitu penolakan Gatsby terhadap posisi Daisy yang dianggap tidak kredibel. Hal ini dikarenakan Daisy yakin bahwa Gatsby lebih menyukai posisi Daisy dibandingkan posisi ancaman, di mana posisi Daisy yaitu kembali pada Gatsby dan tidak mengakui bahwa Daisy telah menabrak Myrtle.

    1. Cooperation Dilemma terhadap Daisy

    Masalah yang dihadapi oleh Gatsby yaitu Daisy memiliki keraguan bahwa Gatsby akan berkomitmen terhadap posisinya. Untuk itu, Gatsby harus memperoleh kepercayaan dari Daisy.

    1. Rejection Dilemma terhadap Tom

    Gatsby mengalami rejection dilemma terhadap Tom, di mana penolakan Gatsby terhadap posisi Tom dinilai tidak kredibel. Hal ini tidak lain dikarenakan Tom yakin bahwa Gatsby lebih menyukai posisinya dibandingkan ancaman yang akan dilakukan.

    1. Cooperation Dilemma terhadap Tom

    Masalah yang dihadapi oleh Gatsby selanjutnya yaitu Tom memiliki keraguan bahwa Gatsby akan berkomitmen terhadap posisinya. Untuk itu, Gatsby harus memperoleh kepercayaan dari Tom.

    • Dilema Tom Buchanan

    Pada frame di atas, Tom Buchanan menghadapi Rejection Dilemma.

    1. Rejection Dilemma terhadap Daisy Buchanan

    Tom menghadapi rejection dilemma terhadap Daisy, yaitu penolakan Tom terhadap posisi Daisy yang dianggap tidak kredibel. Hal ini dikarenakan Daisy yakin bahwa Tom lebih menyukai posisi Daisy dibandingkan ancaman, di mana Daisy menolak kembali pada Gatsby dan tidak mengakui bahwa dirinya telah menabrak Myrtle.

    1. Rejection Dilemma terhadap Jay Gatsby

    Tom mengalami rejection dilemma terhadap Gatsby, di mana penolakan Tom terhadap posisi Gatsby yang dianggap tidak kredibel. Hal ini tidak dikarenakan Gatsby yakin bahwa Tom lebih menyukai posisinya dibandingkan ancaman yang akan dilakukan. Posisi Gatsby yang disukai tersebut yakni tidak melarikan diri atau mengakui bahwa dirinya yang menabrak Myrtle.

     

     

    • Resolution
    • Daisy Buchanan
    • Proyeksi Tindakan rejection dilemma untuk Daisy Buchanan terhadap Jay Gatsby:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Jay Gatsby berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Daisy yaitu desakan Gatsby bahwa Daisy harus kembali pada Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Daisy memberi emosi positif terhadap Jay Gatsby.

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Daisy mengirimkan pesan kepada Gatsby bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Gatsby saat ini. Pesan ini menunjukkan bahwa di bawah ancaman tersebut, Daisy tidak akan kembali pada Gatsby. Namun, hal itu saja tidak cukup. Untuk merubah pikiran Gatsby, Daisy harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Daisy pada posisi Gatsby tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Gatsby.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Daisy pada ancaman di masa depan oleh Gatsby lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Jay Gatsby.
    • Proyeksi tindakan rejection dilemma untuk Daisy Buchanan terhadap Tom Buchanan:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Tom berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Daisy yaitu desakan Tom bahwa Tom harus memfitnah Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Daisy memberi emosi positif terhadap Tom Buchanan.

     

     

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Daisy mengirimkan pesan kepada Tom bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Tom saat ini. Daisy harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Daisy pada posisi Gatsby tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Gatsby.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Daisy pada ancaman di masa depan oleh Gatsby lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Jay Gatsby.
    • Jay Gatsby
    • Proyeksi tindakan rejection dilemma untuk Jay Gatsby terhadap Daisy Buchanan:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Daisy Buchanan berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Gatsby yaitu desakan Daisy bahwa Daisy tidak mau kembali pada Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Gatsby memberi emosi positif terhadap Daisy Buchanan.

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Gatsby mengirimkan pesan kepada Daisy bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Daisy saat ini. Gatsby harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Gatsby pada posisi Daisy tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Daisy. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Daisy Buchanan.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Gatsby pada ancaman di masa depan oleh Daisy lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Daisy. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Daisy Buchanan.
    • Proyeksi tindakan cooperation dilemma untuk Jay Gatsby terhadap Daisy Buchanan:

    Jay Gatsby menganalisis asumsi Daisy Buchanan, mengapa Daisy percaya bahwa, jika semua pihak setuju pada posisi Gatsby, di mana dirinya mungkin akan melarikan diri. Sehingga proyeksi emosi yang perlu ditunjukkan yaitu emosi positif terhadap Daisy Buchanan.

    • Proyeksi tindakan rejection dilemma untuk Jay Gatsby terhadap Tom Buchanan:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Tom Buchanan berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Gatsby yaitu desakan Tom yakni Daisy tidak boleh kembali pada Gatsby dan Tom harus memfitnah Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Gatsby memperlihatkan emosi positif terhadap Tom Buchanan.

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Gatsby mengirimkan pesan kepada Tom bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Tom saat ini. Gatsby harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Gatsby pada posisi Tom tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Tom. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Tom Buchanan.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Gatsby pada ancaman di masa depan oleh Tom lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Tom. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Tom Buchanan.
    • Proyeksi tindakan cooperation dilemma untuk Jay Gatsby terhadap Tom Buchanan:

    Jay Gatsby menganalisis asumsi Tom Buchanan, mengapa Tom percaya bahwa, jika semua pihak setuju pada posisi Gatsby, di mana dirinya mungkin akan melarikan diri. Sehingga proyeksi emosi yang perlu ditunjukkan yaitu emosi positif terhadap Tom Buchanan.

    • Tom Buchanan
    • Proyeksi tindakan rejection dilemma untuk Tom Buchanan terhadap Daisy Buchanan:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Daisy Buchanan berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Tom yaitu desakan Daisy bahwa Tom tidak boleh memfitnah Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Tom memberi emosi positif terhadap Daisy Buchanan.

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Tom mengirimkan pesan kepada Daisy bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Daisy saat ini. Kondisi ancaman tersebut yaitu di mana Tom memfitnah Gatsby. Jadi, untuk merubah pikiran Daisy, Tom harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Tom pada posisi Daisy tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Daisy. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Daisy Buchanan.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Tom pada ancaman di masa depan oleh Daisy lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Daisy. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Daisy Buchanan.
    • Proyeksi tindakan rejection dilemma untuk Tom Buchanan terhadap Jay Gatsby:
    1. Kemungkinan aksi pertama yang dapat dilakukan yaitu, konsiliasi atau kompromi:

    Posisi Jay Gatsby berpotensi lebih baik daripada ancaman yang ada di masa depan. Namun, masalah bagi Tom yaitu desakan Gatsby bahwa Daisy harus kembali pada Gatsby dan Tom tidak boleh memfitnah Gatsby. Sehingga proyeksi emosi yang disarankan agar kedua posisi player ini saling kompatibel yaitu agar Tom memberi emosi positif terhadap Jay Gatsby.

    1. Kemungkinan aksi kedua yang dapat dilakukan yaitu tindakan penolakan:

    Tom mengirimkan pesan kepada Gatsby bahwa dirinya lebih menyukai ancaman di masa depan dibandingkan posisi Gatsby saat ini. Pesan ini menunjukkan bahwa di bawah ancaman tersebut yakni, Daisy tidak akan kembali pada Gatsby dan Tom akan memfitnah Gatsby. Namun, hal itu saja tidak cukup. Untuk merubah pikiran Gatsby, Tom harus melakukan satu atau lebih hal berikut:

    1. Memperlihatkan bahwa nilai Tom pada posisi Gatsby tersebut lebih besar/kredibel daripada yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Gatsby.
    2. Memperlihatkan bahwa keuntungan Tom pada ancaman di masa depan oleh Gatsby lebih besar/kredibel dibanding apa yang diduga oleh Gatsby. Proyeksi emosi: Negatif atau netral terhadap Jay Gatsby.
    • Denoument

    Berdasarkan ending dari film The Great Gatsby, ditemukan bahwa dilema-dilema di atas berakhir tragedy, di mana hal tersebut digambarkan dengan Daisy yang tidak kembali pada Gatsby dan tidak pula mengakui bahwa dirinya yang menabrak Myrtle. Gatsby pun mati terbunuh karena ditembak oleh suami Myrtle yang termakan oleh fitnah dari Tom. Saat pemakaman Gatsby pun tidak satupun teman maupun kolega Gatsby yang datang kecuali Nick, bahkan Daisy justru melarikan diri bersama suaminya Tom.

     

    Kesimpulan

    1. Setelah dilakukan analisis dengan software Confrontation Manager, terdapat 2 jenis dilema; cooperation dilemma dan rejection dilemma. Di mana rejection dilemma lebih banyak ditemui pada pemain dalam konflik yang diangkat oleh peneliti dibandingan dengan cooperation dilemma. Penjabaran dari dilema-dilema tersebut adalah:
    • Daisy Buchanan memiliki rejection dilemma terhadap Jay Gatsby
    • Daisy Buchanan memiliki rejection dilemma terhadap Tom Buchanan
    • Jay Gatsby memiliki rejection dilemma terhadap Daisy Buchanan
    • Jay Gatsby memiliki cooperation dilemma terhadap Daisy Buchanan
    • Jay Gatsby memiliki rejection dilemma terhadap Tom Buchanan
    • Jay Gatsby memiliki cooperation dilemma terhadap Tom Buchanan
    • Tom Buchanan memiliki rejection dilemma terhadap Daisy Buchanan
    • Tom Buchanan memiliki rejection dilemma terhadap Jay Gatsby
    1. Dari dilema-dilema antar pemain yang seperti yang dijelaskan di atas, didapati ending dari film The Great Gatsby ini yakni berakhir

    Selengkapnya di JURNAL Drama Theory

    Leave a Reply