• Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Slide # 1

    Slide # 1

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 2

    Slide # 2

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 3

    Slide # 3

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 4

    Slide # 4

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

    Slide # 5

    Slide # 5

    Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

     
  • Student Affairs
  • Grants and Awards
  • Analisis Drama Theory Pada Film The Dark Night Rises

    ABUL FIDA AL FAAZ

    Tujuan  : Untuk menganalisis dilema yang terjadi pada kasus batman ( Bruce wayne), catwoman ( Selina kyle ) dan menganalisis tindakan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dilemma

    Synopsis

    Pemain

    1. Batman (Bruce Wayne)
    2. Alfred pennyworth
    3. Robin/ john blake
    4. Komisaris james gordon
    5. Selina kyle
    6. Bane
    7. Miranda tate
    8. Lucius fox
    9. John dagget

    Setelah kejadian yang menimpa Harvey dent, batman disalahkan sebagai pembunuh yang telah membunuh Harvey dent, yaitu orang yang membangun peraturan di kota gotham. Kejadian itu membuat batman pension dan merasa telah memenangkan peperangan yang telah di laluinya. Bruce Wayne (Christian Bale) terlihat agak renta dan letih. Tongkat yang menyangga tubuhnya, karena salah satukaki yang tak berfungsi normal membuatnya malas merapikan jenggot dan rambutnya. Semuanya dibiarkan panjang dan tak terurus. Di rumah besarnya, ia dengan setia ditemani oleh Alfred (Michael Caine). Ia pun tak berdaya saat seorang wanita cantik bernama Selina Kyle (Anne Hathaway) datang mencuri kalung mutiarapeninggalan ibunya. Dia juga mencuri sidik jari Wayne untuk dijual ke seorang miliarder bernama John Daggett (Ben Mendelssohn).

    Wayne sama sekali tidak tahu bahwa ancaman besar kini sedang mengancam kota Gotham. Penyebabnya tidak lain karena Bane (Tom Hardy) ingin mengambil alih kepemimpinan kota dengan hukum ala dirinya sendiri. Debut Bane dan pasukannya diawali dengan penyerbuan ke pasar saham. Bane juga menebar ancaman akan meledakkan kota Gotham dengan bom nuklir. Bane yang berbadan besar adalah seorang anak yang lahir didunia gelap dan keluar ke dunia terang dengan penuh amarah. Di sisi lain, Detektif John Blake (Joseph Gordon-Levitt) dan beberapa pasukan polisi mulai dibuat panik oleh ulah Bane. Dan pada saat itu Wayne kembali menjadi Batman setelah mendapatkan sebuah kaki palsu dari Lucius Fox (Morgan Freeman).

    Sebagai imbalan untuk penghapusan catatan kriminal Kyle, Kyle mempertemukan Batman dengan Bane disarang tempat markas Bane dan pasukannya. Kyle malah membiarkan Batman masuk ke dalam jebakan Bane. Bane kemudian menyingkap sebuah rahasia bahwa ia ingin menyelesaikan tugas Ra’s Al Ghul, menghancurkan Gotham dengan para mantan anggota Perserikatan Bayang-Bayang. Selanjutnya, Kyle menyaksikan dengan duka saat Batman menjadi bulan-bulanan Bane. Tak lama, Kyle melarikan diri atas permintaan Batman karena merasa tak mungkin memberikan pertolongan. Batman sendiri kemudian dijebloskan ke dunia gelap tempat dimana Bane dulunya berasal. Kekacauan yang terjadi membuat polisi melakukan pemeriksaan ketat terhadap orang-orang Bane yang mulai menyergap, mengadili, dan mengasingkan orang-orang kaya. Kyle akhirnya tertangkap dan dipenjara karena tertangkap kamera sedang memukuli petugas satpam di bandara.

    Sementara itu, Bane yang sukses mengacaukan pasar saham menjadi besar kepala dan melanjutkannya dengan menyerang sebuah stadion ketika sebuah pertandingan rugbi sedang berlangsung. Lapangan runtuh karena bangunan di bawahnya telah hancur berantakan. Bane langsung memroklamirkan dirinya sebagai penguasa kota dengan hukum baru bentukannya. Pengumuman tersebut dirilis di semua media yang saat itu sedang meliput pertandingan. Selanjutnya ia mendatangi penjara dan langsung membaca pidato dari KomisarisJames Gordon (Gary Oldman) mengenai kebenaran tentang Harvey Dent. Pidatonya disambut dengan sorakan para penghuni penjara yang sudah lama berharap akan kebebasan. Hanya Kyle saja yang tidak gembira mendengar pidato Bane. Ia bahkan langsung mencari jalan selamat untuk melarikan diri dari orang-orang Bane.

    Sementara itu, Batman yang babak belur mendapat pertolongan dari penghuni senasib. Setelah kondisinya membaik, ia mulai melatih fisik untuk bisa meloloskan diri dari lubang gelap. Ia kini menjadi tumpuan harapan para tawanan lainnya. Dengan iringan semangat untuk mencapai pinggiran lubang yang menyerupai sumur dan setelah beberapa kali mencoba, Batman akhirnya berhasil keluar dengan selamat. Seutas tali kemudian ia jatuhkan agar bisa menyelamatkan para tawanan lainnya. Batman pun kemudian kembali melakukan perlawanan terhadap Bane yang telah mengacaukan kota. Agar bisa bertemu dengan Fox yang ikut tertawan, ia pura-pura tertangkap oleh orang-orang Bane. Batman pun pada akhirnya berhasil menyelamatkan Fox dan kembali memperoleh perlengkapannya.

    Di saat keadaan semakin genting, Bane yang semakin kuat kedudukannya mengadakan peradilan bagi siapapun yang telah “menindas” orang-orang yang menuntut kebebasan, dengan Dr. Jonathan Crane (Cillian Murphy) sebagai hakimnya. Tak terkecuali Komisaris Gordon. Di saat Gordon beserta para “terdakwa” lainnya akan mati tenggelam setelah dihukum berjalan di atas air teluk Gotham yang menjadi es, Batman datang untuk menyelamatkan mereka dan memberikan api suar kepada Gordon dan menjatuhkannya sehingga Sinyal Kelelawar menyala pertanda datangnya Batman. Batman juga mengajari Gordon untuk menghalau sinyal pemicu bomnya yang masih belum diketahui siapa yang memegangnya. Di saat yang hampir bersamaan, Blake, yang juga ikut tertangkap oleh anak buah Bane, juga berhasil dibebaskan oleh Batman dan membebaskan para polisi lain yang terjebak di bawah tanah setelah stadion runtuh.

    Esok paginya, polisi-polisi itu bentrok dengan anak-anak buah Bane. Dan di tengah bentrokan itu, Batman juga memulai perkelahian dengan Bane. Saat mereka berada di dalam kantor Wayne Enterprises dimana Miranda Tate (Marion Cotillard), wakil pemegang saham perusahaan itu, di-“aman”-kan oleh Bane, Batman berhasil mengalahkan Bane, tapi lantas terkejut begitu Miranda menusuk Batman dan menyingkap identitas aslinya sebagai Talia, anak dari Ra’s Al Ghul. Talia-lah yang berhasil keluar dari lubang tersebut saat masih kecil dan Bane sendiri merupakan pelindungnya. Ia berencana meneruskan misi ayahnyauntuk menghancurkan Gotham dengan mengaktifkan pemicu bomnya. Sinyalnya berhasil dihalau oleh Gordon; ia lantas mencari bom tersebut dengan trukyang dikendarai oleh supir yang dibayar oleh Bane. Bane yang akan membunuh Batman, berhasil dibunuh oleh Kyle dengan senjata yang ada dalam sepeda motor Batpod.

    Batman lalu mengejar Talia dengan pesawat terbang Sang Kelelawar buatan Fox untuk mengembalikan bomnya ke reaktor. Truknya mengalami kecelakaan, tapi Talia berhasil menghancurkan reaktornya sebelum tewas. Karena ledakan bomnya takkan bisa dielakkan, Batman membawanya ke teluk dengan Sang Kelelawar, mengingat autopilot-nya tak bisa dipakai. Batman—dan juga Wayne—dinyatakan tewas sebagai pahlawan. Wayne telah meninggalkan surat wasiatyang menyatakan bahwa rumahnya diwariskan kepada pelayannya, Alfred Pennyworth (Michael Caine) dan rumah orang tuanya—yakni Wayne Manor—dialihfungsikan menjadi panti asuhan anak-anak yatim piatu. Fox terkejut begitu tahu bahwa Wayne memperbaiki autopilot-nya, sedangkan Gordon tersenyumbahagia melihat Sinyal Kelelawarnya telah diperbarui. Alfred pergi berlibur ke kota FirenzeItalia dan makan di sebuah restoran yang sama dengan Wayne dan Kyle. Blake pensiun dari kepolisian untuk mewarisi Gua Kelelawar.

    Frame 1:

    1. Bane
    2. Selina
    3. Batman

    Scene Setting, Output : Recognizing a conflict and perception of the situation

    Setelah berhasil mengalahkan Harvey dent, akhirnya bruce wayne memutuskan untuk pensiun dari pekerjaan pahlawannya menjadi seorang superhero sebagai batman. Namun, justru ketika batman sedang tidak lagi melindungi kota gotham, penerus ra’s al ghul berusaha untuk membalaskan kematian pemimpinnya melalui anaknya yaitu Miranda tate dan bane sebagai pendamping Miranda tate yang menjadi kaki tangannya.

    Miranda tate berusaha menghancurkan kota gotham dengan memposisikan dirinya sebagai orang yang ingin menyelamatkan kota gotham agar mendapat kepercayaan bruce wayne, sebagai pemilik perusahaan yang memiliki teknologi yang dapat di ubah menjadi nuklir, Miranda mengandalkan tugas terselubungnya kepada bane, yang mengoprasikan kegiatannya di bawah aliran sungai bawah kota. Untuk mendapatkan kepercayaan dan kekuasaan di wayne enterprise yang dimiliki oleh bruce wayne, bane memerlukan sidik jari bruce untuk dapat membobol saham nya, dan tugas ini di berikan kepada selyna kyle yang terkenal ahli mencur dengan iming-iming mesin pembersih databased seseorang.

    Seline kyle berhasil mencuri sidik jari bruce dan memberikannya kepada orang suruhan bane, dan bukan hanya sidik jarinya saja tapi kalung miling mendiang ibu wayne juga turut di ambil. Transaksi yang dilakukan selina tidak berjalan dengan lancar dan akhirnya perjanjian itu di akhiri dengan percekcokan. Suatu saat Selina dating kesebuah pesta dan pada saat itu bruce wayne datang juga kesana untuk mengambil kalung tersebut dan interaksi ppun mulai berjalan.

    Menyadari adanya masalah yang terjadi di kota gotham bruce wayne memutuskan untuk kembali menjadi batman, dan saat itu ia mengejar bane yang sedang mengacau bursa saham di kota gotham. Namun, kembalinya batman membuat para polisi lebih tertarik untuk menangkapnya karena diduga telah membunuh Harvey dent ( yang membuat peraturan kota dan penjahat sebenarnya di episode sebelumnya). Ketika batman kembali di ke kota gotham, disaat yang sama Selina kyle ingin menagih janji john deggat (orang suruhan bane ) dan menerobos masuk ke tempat kediamannya, tanpa di duga Selina terkepung dengan anak buah nya dan bane sang pemimpin nya pun berada disana. Disaat Selina kyle tau bahwa dia akan tidak selamat, bantman muncul dan membantu nya saat itu juga dan menyelamatkannya.

    Setelah kejadian itu saham bruce wayne jatuh anjlok dan menyebabkan wayne jatuh miskin. Hal itu dilakukan oleh john deggat dengan menggunakan sidik jari wayne yang telah dicuri nya oleh Selina dulu. Mengetahui itu lalu bruce wayne mendatangi kediaman Selina kyle dan berbasa basi, bruce tau bahwa ia adalah orang suruhan yang disuruh untuk mencuri sidik jarinya.

    Selang beberapa waktu bruce dengan pakaian batman mendatangi Selina dan ingin agar ia menunjukan dimana bane berada. Selina sudah mengingatkan akan bahaya itu tapi batman tetap ingin menemui dan menghajarnya. Setelah sampai di trowongan bawah tanah akhirnya Selina menjebak batman dan mengunci nya dalan sebuah sangar agar bisa bertarung dengan bane. Selina menyesal dan berkata bahwa ia tidak punya pilihan lain untuk bertahan hidup kecuali melakukan hal tersebut. Pertarungan pun terjadi dan batman kalah telak oleh bane.

     Build-Up, Output : a common perception or reference frame

    • Batman atau juga bruce wayne merupakan orang yang ingin menjaga perdamaian yang ada di kota gotham. Saat ini batman merasa telah berhasil dengan mengalahkan Harvey dent (episode sebelumnya) dan berhenti dengan aktifitas superhero nya. Namun jika ada yang mengganggu keamanan gotham ia tidak akan tinggal diam. Batman mengingiinkan Selina kyle mempertemukannya dengan bane dan menghabisi bane saat itu juga untuk mencegah bane menghancurkan kota gotham.

    Batman’s position (B2) menginginkan:

    • Bane tidak menghancurkan gotham.
    • Batman akan membuhuh bane.
    • Selyna Kyle tidak menjebak batman(?).
    • Selina kyle merupakan seorang wanita yang menjadi pencuri yang sangat ulung, ia dimanfaatkan oleh bane untuk mncuri sidik jari bruce wayne untuk mengacak di bursa saham dan sekaligus menjebak batman. Akan tetapi Selina melakukan itu semua karena dia sendiri ingin selamat dari bane, dan sebenarnya ia adalah orang yang baik yang akan menjadi partner bagi batman. Selina kyle sebenarnya tidak inin menjebak batman namun karena ancaman dari bane maka ia menjebak batman.

    Selyna Kyle’s position (S) menginginkan:

    • Bane tidak menghancurkan gotham.
    • Batman sebaiknya membuhuh bane.
    • Selyna Kyle tidak mau menjebak batman(?).
    • Bane merupakan kaki tangan Miranda tate yang menjalankan misi penghancuran gotham yang dilakukan untuk membals kematian ayah Miranda tate yaitu ra’s al ghul. Bane memanfaatkan Selina untuk membawanya pada jebakannya dan menghabisi nya disana serta menempatkannya di penjara dengan tidak berkutik saat gotham di hancurkan. Ia ingin menghancurkan gotham, mental batman dan batman itu sendiri. Bane ingin menghabisi batman dengan menggunakan Selina kyle sebagai orang yang akan dapat membawanya pada jebakannya

    Bane’s position (B) is that:

    • Bane ingin menghancurkan gotham.
    • Batman sebaiknya membuhuh bane.
    • Selyna Kyle sebaiknya menjebak batman.

    88

    Climax, Output : dilemmas of stakeholders

    1. Batman akhirnya bertarung dengan bane dan kalah

    Rejection dilemma terhadap bane

    Dalam film the dark knight rises batman tidak ingin bane menghancurkan gotham karena itu merupakan kota yang telah lama dilindunginya. Namun batman juga tidak ingin bane membunuhnya sehingga batman lebih menyukai posisi bane untuk menghancurkan kota gotham, walaupun sebenarnya tidak mau.

    Threat dilemma terhadap bane

    Batman mengancam untuk membunuh bane jika bane akan menghancurkan kota gotham, namun sebenarnya batman menyukai scenario lain dan tidak ingin membunuh bane, hanya ingin menghentikannya saja.

    1. Selina kyle akhirnya menjebak batman akan tetapi menyesal

    Rejection dilemma terhadap bane

    Selyna kyle memiliki rejection dilemma terhadap bane, karena bane menyuruh agar dia menjebak batman, namun disisi lain ia juga tidak mau kota gotham di hancurkan, dan satu satunya yang dapat menyelamatkan gotham adalah batman. Disisi lain jika ia tidak melakukannya maka bane akan membunuh nya. Sehingga terjadilah rejection dilemma.

    1. Bane akhirnya berhasil menjebak batman dan mengalahkannya

    Trust dilemma terhadap selina kyle

    Bane memiliki trust dilemma ter hadap selyna kyle karena ia menyruh selyna kyle untuk menjebak batman dengan ancaman akan membunuhnya, padahal bane tau bahwa sebenarnya selyna tidak ingin menjebak batman.

     Resolution, Output : no dilemma to do their threats or collaboration

    • Batman
    • Resolution rejection batman dilemma kepada bane

    Untuk dapat menghilangkan dilemma terdapat 2 opsi

    1. Conciliation or compromise

    Ada beberapa kesamaan antara batman dan bane, yaitubahwa posisi bane lebih menguntungkan bagi keduanya walaupun bane menghancurkan gotham tapi juga tidak membunuh batman.

     

    Permasalahannya tkarena bane menginginkan

    • Bane untuk menghancurkan gotham
    • Batman tidak membunuh bane
    • Selyna kyle menjebak batman

    Kenapa bane menginginkan ini Batman menganalisis apa yang di inginkan bane. Dia lalu memberikansaran agar dapat memodifikasi posisi keduanya agar compatible dan sesuai.

    Emosi batman terhadap bane : positive

    1. Rejection

    Batman telah meyakinkan bane namun bane tetap tidak mau. Pesan dan ancaman yang disampaikan berupa

    • Batman akan membunuh bane
    • Selyna kyle boleh atau tdk menjebak batman (opsi)

    Tapi hal ini saja tidak lah cukup, untuk mengubah pikiran bane, isi pesan batman harus di tambah dengan

    • Tunjukan bahwa posisi batman lebih baik dari apa yang bane kira
    • Tunjukan keuntungan nya

    Emosi batman terhadap bane : negative atau netral

    • Resolution threat dilema batman kepada bane

    Masalah batman adalah ia ingin menghentikan bane tapi tidak mau membunuhnya, ada beberapa hal yang dapat ia lakukan :

    1. Menghentikan bane tanpa membunuhnya
    2. Batman membiarkan bane untuk menghancurkan gotham

    Solusi dari permasalahan ini adalah menghentikan bane tanpa harus membunuhnya, karena dalam film ini batman memiliki prinsip untuk tidak membunuh siapapun musuhnya.

    • Selyna kyle
    • Resolusi rejection dilemma terrhadap bane

    Selyna kyle memiliki rejection dileme terhadap bane karena sebenarnya selyna kyle tidak ingin menjebak batman, akan tetapi karena ancaman akan di bunuh bane selyna menrima nya. Ada 2 kemungkina dalam hal ini

     

    1. Conciliation or compromise

    Selyna kyle mengambil tawaran bane dan menjebak batman walaupun sebenarnya tidak menyukainya.

    Emosi : positive

    1. Rejection

    Selyna kyle menolak tawaran bane dengan resiko akan dibunuh oleh bane, solusi yang baik untuk dilakukan adalah : membujuk dan meyakinkan bane tentang keunggulan posisinya.

    Emosi : negative

    • Bane
    • Resolution trust dilemma terhadap selyna kyle

    Bane ragu bahwa selyna akan melakukan apa yang di inginkan bane. Dan bane harus membuat selyna percaya padanya. Ada beberapa hal yang bisa bane lakukan :

    1. Menganailis dan mencari tau kenapa slyna tidak mau menurutinya dan buat kesepakatan lebih menarik baginnya
    2. Tunjukan akibat jika selyna kyle tidak melakukan hal tersebut
    3. Tunjukan pula keuntungan nta jika ia melakukan hal tersebut

     

    Denouement, Output : Collaboration or Tragedy

    Tagedy adalah hal yang sebenarnya terjadi dalam film the dark knight rises tersebut. Dalam fil itu berakhir dengan selyna yang menjebak batman untuk menemui bane dan bane berhasil mengalahkan batman dalam pertarungan itu, sehingga bane dapat dengan leluasa menghancurkan kota gotham tanpa ada yang menghalanginya.

    Pendalaman kajian:

    Possible course of action, berisi aksi nyata yang dilakukan player dalam film

    Batman : dalam filmnya batman tidak membunuh bane pada kejadian itu, namun hal itu terjadi di akhir cerita dan bukan pada saat frame tersebut. Batman juga meminta selyna kyle untuk menemui bane, dan ketika bertemu barulah sadar bahwa ia telah di jebak oleh selyna kyle dan batman dihabisi oleh bane dalam sekejap.

    Selyna kyle : dalam film nya selyna berhasil menjebak batman dan mengurungnya berdua dengan bane untuk menyelesaikan pertarungannya. Namun meskipun demikian selyna menyesal melakukan hal itu, ia melakukan hal itu  karena tidak ada pilihan lain.

    Bane : dalam filmya bane berhasil menjebak batman menggunakan selyna untuk menjebaknya dan dalam pertarungan itu bane berhasil mengalahkan batman. Batman yang merasa kegelapan adalah temannya kalah dengan orang yang memang lahir dalam kegelapan.

    Common mistakes in negotiation, jika ada

    Winner curse adalah kejadian yang terjadi pada batman, karena ia merasa hebat dan menantang bane yang sebenarnya lebih kuar dari dia dan ia juga meminta selyna kyle untuk membantu menemui bane. Pada saat ia berhasil meminta selyna kyle untuk menemui bane, disaat ini batman merasa berhasil, padahal itu merupakan scenario yang telah di buat bane dan melalui selyne kyle.

    Kesimpulan: menjawab tujuan penelitian

    Kesimpulan dari the dark knigh rises dengan frame tersebut adalah bahwa batman memiliki rejection dilemma dan threat dilemma terhadap bane. Batman mengancam membunuh bane tapi sebenarnya ia lebih suka untuk tidak membunuhnya dan hanya ingin menyelamatkan kota gotham. Selyna kyle sendiri memiliki rejection dilemma terhadap bane, karena selyna tidak ingin menjebak batman, tapi jika ia tidak melakukannya maka ia akan di bunuh oleh bane. Dan bane memiliki trust dilemma terhadap selyna kyle, karena sebenarnya bane juga telah mengetahui bahwa selyna tidak ingin melakukannya (menjebak batman).

    Pada kenyataan filmya, akirnya selyna menjebak batman dan bane mengalahkan batman dengan telak dan memelukan sehingga yang muncul adalah sebuah tragedy. Satu satunya dilemma yang dapat di atasi dalam hal ini adalah dilemma bane, karena ia berhasil mengancam selyna untuk tetap menjebak bane sehingga mengeliminasi trust dilemma terhadap selyna kyle.

    Selengkapnya di Abul dan ABUL 2

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Leave a Reply