Twitter Ridwan Kamil (@ridwankamil)


Disarikan dari Tulisan Baiq Yuliasmi Nirwana Aulia Lastini, Dini Turipanam Alamanda (Telkom University) Mengenai 

IDENTIFIKASI AKTOR YANG BERPENGARUH DALAM MENDUKUNG PROGRAM KERJA RIDWAN KAMIL UNTUK STRATEGI SMART CITY MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

Ridwan Kamil salah satu kepala daerah yang menyosialisasikan segala kebijakan dan imbauan pemerintah melalui media sosial terutama melalui media sosial Twitter. Ridwan Kamil sangat aktif dalam menggunakan Twitter, tidak hanya sekedar sebagai sarana informasi namun juga digunakan untuk berkomunikasi dengan warganya. Keaktifan Ridwan Kamil di media sosial Twitter dapat dilihat dari banyaknya jumlah tweet yang telah beliau posting dan jumlah followersnya. Rincian akun @ridwankamil dapat dilihat di tabel 1.1

Tabel 1.1 Rincian Akun Twitter Ridwan Kamil

Keterangan Jumlah
Tweets 38.309
Following 2.653
Followers 1.206.410
Favorites 20.402

Sumber: (Diolah peneliti dari https://twitter.com/ridwankamil, 2015)

Situs 140 karakter itu membuatnya bisa dengan cepat menangani masalah di Kota Bandung. Ridwan Kamil menggunakan Twitter hampir sepenuhnya untuk layanan publik, artinya beliau menjawab langsung beberapa keluhan dan menanggapi beberapa laporan yang berasal dari masyarakat yang langsung me-mention beliau. Twitter yang bersifat real-time dan sangat dinamis memang cocok digunakan untuk komunikasi aktif seperti ini. Karenanya jika dilihat pada timeline Ridwan Kamil di Twitter, banyak sekali terlihat percakapan beliau dengan masyarakat.

Selain berkomunikasi langsung, Ridwan Kamil juga sering meng-update kegiatan dan memberikan pengumuman-pengumuman seputar aktivitas kota Bandung. Melalui Twitter, tidak hanya masyarakat yang mengetahui dengan cepat perkembangan beberapa proyek pembangunan dan kegiatan wali kota tersebut, namun juga Ridwan Kamil sendiri mendapatkan informasi yang sangat cepat melalui mention masyarakat. Masyarakat beberapa kali melapor mulai dari lubang di jalan, kecelakaan kendaraan, hingga kebakaran. Informasi real-time seperti ini biasanya langsung di respon dengan cepat oleh Ridwan Kamil.

Karena luas dan cepatnya komunikasi 2 arah ini, maka Ridwan Kamil mewajibkan semua instansi layanan masyarakat di Bandung untuk memiliki akun Twitter dan menggunakannya untuk menerima langsung laporan dari masyarakat. Hasilnya pun saat ini mulai dirasakan oleh sebagian masyarakat Bandung. Misalnya Jalan berlubang dilaporkan di pagi hari, sore harinya tim perbaikan jalan sudah tiba di lokasi, dsb.

Ridwan Kamil juga dapat menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mendukung misi pemerintah kota Bandung yaitu Bandung Smart City melalui akun Twitternya. Bandung Smart City adalah konsep yang diterapkan Ridwan Kamil dengan memaksimalkan pemakaian teknologi dan membawa pemerintahan Bandung ke arah yang lebih baik melalui berbagai program kerja yang sudah dicanangkan oleh Ridwan Kamil (Roadmap to Bandung Juara).


Leave a Reply